Kapal Bersubsidi Bakal Beroperasi di Kepulauan Seribu

Pemandangan Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, direncanakan meresmikan operasi perdana kapal perintis milik pemerintah. Kapal itu melayani kebutuhan transportasi masyarakat Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu menuju ke daratan DKI Jakarta.

Agenda resmi Gubernur DKI itu dipublikasikan situs humas Pemerintah Provinsi DKI, beritajakarta.com, Kamis, 28 Januari 2016.

Peresmian akan dilakukan di Dermaga Kade Baru Timur (KBT), Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, hari ini, pukul 16.00 WIB.

Melalui keterangan tertulis, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Julius Adravida Barata menyampaikan, jenis kapal tersebut bertipe 200 DWT. Kapal dioperasikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Pelni (Persero).

Rute yang dilayani adalah Pelabuhan Sunda Kelapa (sebagai pelabuhan pangkal)-Pulau Untung Jawa-Pulau Pramuka-Pulau Tidung-Pulau Kelapa.

"Kapal dinamai Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 46 dan mampu mengangkut 114 orang penumpang," ujar Barata, Kamis, 28 Januari 2016.

Barata mengatakan, layanan kapal dioperasikan dengan mekanisme layaknya pengoperasian moda transportasi TransJakarta oleh Pemerintah Provinsi DKI.



Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan, memberi subsidi biaya pengoperasian kapal dengan mekanisme Public Service Obligation (PSO) sebesar Rp5,9 miliar kepada Pelni. Subsidi itu akan membuat harga tiket yang harus dibayarkan menjadi terjangkau.

"Pengadaan kapal perintis ini merupakan wujud komitmen Kementerian Perhubungan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi kepada masyarakat," ujarnya.

Menteri Susi: Seharusnya Tiongkok Hormati Indonesia

"Juga untuk meningkatkan kapasitas sarana transportasi laut di Kepulauan Seribu yang selama ini masih terbatas aksesibilitasnya," Barata menambahkan.

(ren)

 

Mahasiswa Ditangkap Saat Akan Pesta Ganja di Pulau Pari
Danau Toba

10 Daerah Wisata Indonesia yang Gencar Dipromosikan

Usaha branding yang dilakukan Indonesia tidak sia-sia.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2016