Kalijodo Akan 'Diratakan', Sejumlah Mal Diminta Ikut Digusur

Tokoh masyarakat kawasan Kalijodo Daeng Azis.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id - Tokoh masyarakat di kawasan lokalisasi Kalijodo, Daeng Azis menilai, alasan Pemerintah Provinsi DKI untuk membongkar bangunan-bangunan di wilayah itu tidak tepat.

DKI hendak melakukan penertiban, lantaran kawasan Kalijodo yang berada di Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat dan Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara itu termasuk jalur hijau.

Jika hal itu menjadi alasannya, Azis menantang Pemerintah Provinsi DKI. Menurut dia, sejumlah bangunan mal di ibu kota juga harus dibongkar.

Azis menyebutkan, mal tersebut antara lain Season City dan Mal Taman Anggrek di Jakarta Barat. Sama dengan kawasan Kalijodo, Azis mengatakan kedua mal itu diduga dibangun di atas jalur hijau.

"Jika hanya Kalijodo yang dibongkar, pasti masyarakat akan bertanya. Di mana keadilan? Season City dan Mall Taman Anggrek itu statusnya sama dengan Kalijodo," ujar Azis.

Selain itu, Azis mengatakan, warga sudah tinggal di kawasan yang terletak di antara aliran Kali Angke dan Banjir Kanal Barat (BKB) sejak puluhan tahun lalu. Mereka tinggal di sana, jauh sebelum Pemerintah Provinsi DKI menetapkannya sebagai jalur hijau yang tidak boleh dijadikan lokasi untuk mendirikan bangunan.

"Mana yang lebih duluan, jadi hunian atau jalur hijau? Mereka (Pemerintah Provinsi DKI) kurang paham," ujar Azis.

Djarot: Kolong Tol Kalijodo Incaran Pendatang Baru Jakarta

(asp)

Gubernur DKI Jakarta, Djarot S Hidayat dan Teguh Othenrik di depan tembok Berlin

Pecahan Tembok Berlin Bersemayam di Eks Prostitusi Kalijodo

Tembok Berlin merupakan pemisah antara dua Jerman.

img_title
VIVA.co.id
26 September 2017