Pintu Air Bekasi Dibuka, Banjir Pindah ke Wilayah Utara

Banjir di Pondok Gede Permai.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro Jaya

VIVA.co.id – Banjir akibat air kiriman dari daerah Bogor, Jawa Barat, membuat debit air Kali Bekasi meningkat dan merendam wilayah di bantaran kali. Untuk mengurangi banjir di wilayah Jatiasih, dibukalah pintu air Bekasi yang berada di Jalan Hasibuan.

Tagana: Bekasi Diprediksi Banjir Januari 2018

Namun, hal itu justru membuat perumahan dan pemukiman warga yang ada di Bekasi Timur dan Bekasi Utara terendam.

Koordinator Tim Reaksi Cepat pada BPBD Kota Bekasi, Achmad Dumiyati mengatakan, titik banjir yang terjadi di perumahan bantaran Kali Bekasi, awalnya terjadi di wilayah Jatiasih saja.

Bekasi Diprakirakan Hujan Deras saat Siang

"Awalnya hanya terjadi di Kecamatan Jatiasih saja, tepatnya di Perumahan Vila Nusa Indah, Perumahan PGP, Kemang IFI, PML," kata Achmad saat dihubungi wartawan, Minggu 28 Februari 2016.

Agar genangan air tidak semakin tinggi dan membuat rumah ribuan warga yang ada di sejumlah perumahan itu terendam, kata Achmad, pintu air Bendungan Bekasi dibuka.

Sejak Subuh, Perumahan di Bekasi Timur Terendam Banjir

"Setelah kami buka pintu air, kini ketinggian di perumahan-perumahan itu hanya sekitar 50 centimeter. Beda apabila tak dibuka, bisa mencapai tiga meter, seperti tahun sebelumnya," ujarnya.

Achmad menjelaskan, air yang menggenangi rumah warga bukan berasal dari atas tanggul, melainkan lewat sela-sela tanggul yang bocor.

"Jadi, bukan meluap, melainkan karena tanggul-tanggul Kali Bekasi yang ada di tempat itu banyak yang bocor,” jelasnya.

Setelah pintu air Bekasi dibuka, kata Achmad, pihaknya akan mengantisipasi banjir di wilayah Bekasi Utara dan sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya