Pertengahan Maret, Riau Darurat Kebakaran Hutan dan Banjir

Ilustrasi kebakaran hutan.
Sumber :
  • ANTARA/Nova Wahyudi

VIVA.co.id – Bencana kebakaran hutan di sejumlah titik di Indonesia membuat setiap daerah mempersiapkan diri untuk melakukan pencegahan, salah satunya adalah Riau.

Kronologi Badan Restorasi Gambut Diadang Sekuriti RAPP

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem R mengatakan, Riau akan menjadi daerah yang siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. "Misalnya Riau itu memiliki dua semester kebakaran. Jadi nanti pertengahan Maret, Pemda Riau akan nyatakan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Sekarang mereka sedang siaga banjir. Ini menarik karena saat terjadi banjir, di Riau juga terjadi kebakaran," kata Willem di kantor BNPB, Jakarta, Rabu, 2 Maret 2016.

Ia menjelaskan, sudah berhubungan dengan otoritas Riau dan mendapat informasi bahwa Riau akan segera tetapkan siaga darurat kebakaran. Oleh karena itu, kata Willem, BNPB sedang mempersiapkan helikopter untuk mendukung Riau laksanakan patroli dan pemadaman awal. "Begitu terdeteksi ada titik panas maka akan kita identifikasi. Lalu kita lakukan pemadaman darat atau udara," ucap Willem.

Presiden Harus Tangani Penghentian Kasus Pembakaran Hutan

Agar upaya ini berhasil, BPNB mengajak masyarakat, TNI dan Pemda agar bekerja sama dan solid dalam melakukan hal ini. Sementara, pemerintah pusat akan memberikan bantuan di luar kapasitas daerah itu sendiri.

Ia juga menjelaskan, fenomena el nino dan lanina dalam prediksi cuaca secara nasional memang ada tetapi di tingkat daerah, pihaknya akan mempertanyakan hal ini dengan BMKG daerah masing-masing.

Pemerintah Klaim Titik Kebakaran Hutan Menurun 74 Persen

(mus)

Kebakaran lahan dan hutan di Riau semakin parah.

Soal Kebakaran Hutan, Komisi III akan Panggil Kapolda Riau

Tiga Kapolda tak ada yang mengaku keluarkan SP-3 untuk 15 perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2016