Sensus Ekonomi

Ramai Kabar Penipuan Berkedok Sensus, Warga Diminta Waspada

Kepala Bagian Mitra Divisi Hubungan Masyarakat Polri Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Bayu Januar Nugraha

VIVA.co.id – Sebuah broadcast atau pesan berantai mengenai aksi penipuan berkedok sensus ekonomi beredar di sejumlah masyarakat. Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Awi Setiyono meminta masyarakat selalu waspada dan tidak mudah percaya dengan orang yang melakukan sensus. 

Pencairan Gaji 13 dan THR Jadi Ajang Pedagang Naikkan Harga

Dia menambahkan, masyarakat mesti melakukan pengecekan legalitas terhadap seseorang yang menyurvei.

"Tanya surat dahulu dan harus ada rekomendasi RT dan RW jika mau melakukan survei," ujarnya kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin, 9 Mei 2016.

April, Jumlah Pelancong Mancanegara Merosot

Jika memang ada kejahatan tersebut, mantan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur ini, meminta masyarakat melaporkan ke pihak kepolisian agar ditindaklanjuti.

Sekadar informasi, pesan berantai mengenai aksi penipuan berkedok sensus ekonomi tengah tersebar di sejumlah masyarakat.

Komoditi Pangan dan Tarif Angkutan Umum Sumbang Inflasi Mei

Berikut ini isi pesan berantai tersebut:

'Harap segera disebarluaskan info penting ini: Di saat Sensus Ekonomi sedang berlangsung, ada komplotan-komplotan manusia sampah yang beranggota pria dan wanita mulai berkeliaran ke rumah penduduk dari pintu ke pintu, dengan cara berkedok sebagai petugas sensus, mereka minta mengisi formulir atau tanya jawab dengan mereka dan pada saat itu kamu akan dibikin tak sadarkan diri setelah 1-2 menit, lalu barang-barang berharga akan dikuras, bahkan jika ketemu anak kecil tak luput dibawa pergi juga, Pastikan info ini dishare ke group-group lain di samping beri tahu sanak saudara terutama orang tua, anak kecil di rumah agar waspada terhadap modus kejahatan baru ini !!!

SENSUS EKONOMI YG SEDANG BERLANGSUNG TDK PERLU MENGISI FORMULIR, JADI WASPADALAH !!'

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya