Banjir Kiriman Rusak Jembatan Cibarusah Bekasi

Jembatan Cibarusah di Kabupaten Bekasi rusak diterjang banjir
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhamad Hari Fauzan

VIVA.co.id – Sebuah jembatan penghubung di Cibarusah, Kabupaten Bekasi, rusak lantaran bagian bawahnya longsor diterjang luapan kali Cipamingkis. Akibatnya, kegiatan masyarakat di sekitar pun terganggu lantaran jembatan hanya bisa dipakai satu lajur.
 
Camat Cibarusah Iman Santoso mengatakan, kerusakan itu terjadi saat ada banjir kiriman dari Bogor, sejak akhir pekan lalu. "Longsor itu disebabkan tanahnya labil, sehingga tidak kuat menahan gerusan arus kali yang deras," kata Iman saat dihubungi, Rabu, 25 Mei 2016.
 
Saat ini, Imam mengaku sudah melakukan penanganan sementara dengan memasang garis polisi di titik yang longsor. Hal ini dilakukan agar warga bisa mengetahui lokasi longsornya dan tidak menimbulkan kecelakaan lalu lintas. "Kami juga sudah memasang terpal, agar ketika hujan tidak gampang longsor," ujar Iman.
 
Pihaknya sudah melaporkan jembatan rusak tersebut ke Bupati Bekasi. Hasilnya, kata dia, pemerintah akan segera melakukan perbaikan dengan anggaran sekitar Rp2,5 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016.
 
Anggota Komisi III DPRD, Kabupaten Bekasi, Taih Minarno mengatakan, jembatan tersebut biasa dipakai oleh warga Kecamatan Bojongmangu dan tiga desa di Cibarusah. Aktivitas warga mengandalkan jembatan tersebut karena paling dekat menuju pasar, kantor pemerintahan, kepolisian, sekolah.
 
"Sebenarnya sudah ada jembatan baru, hanya saja cukup jauh sehingga masyarakat masih banyak menggunakan jembatan tersebut," ujarnya.
 
Pihaknya mendesak agar pemerintah segera melakukan perbaikan jembatan tersebut, dengan konstruksi lebih kukuh. Jembatan itu baru berusia sekitar lima tahun setelah jembatan lama roboh pada 2009.

Hujan Deras Sebabkan Banjir dan Longsor hingga Merusak Jembatan di Selatan Garut, Kata BPBD
Jembatan Rusak di Kabupaten Sergai, Sumut

Viral! Jembatan Rusak di Kabupaten Sergai Makan Tumbal, Seorang Warga Tewas

Video viral di media sosial terlihat sebuah jembatan rusak di Dusun Pondok Panjang memakan korban.

img_title
VIVA.co.id
21 Juli 2023