Jembatan Gantung Rawayan di Tasikmalaya Amblas, Warga di Tiga Dusun Terisolasi

Jembatan gantung Rawayan di atas sungai Cijalu pondasinya amblas hingga nyaris ambruk.
Sumber :
  • tvOne/Denden Ahdani - Tasikmalaya

VIVA Nasional – Jembatan gantung Rawayan di atas sungai Cijalu, Kabupaten Tasikmalaya fondasinya amblas hingga nyaris ambruk. Jembatan itu menghubungkan Kedusunan Tangsi, Sumurjaya dan Cikapundung Desa Cipicung, Kecamatan Culamega.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Jembatan gantung yang merupakan akses utama tiga kedusunan itu ambruk karena intensitas curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan tergerusnya fondasi jembatan.

Kepala Desa Cipicung, Amir mengatakan, ambruknya fondasi jembatan gantung ini berimbas terhadap aktivitas warga yang didominasi berprofesi sebagai petani. Para petani terpaksa tak bisa melakukan aktivitas pertanian lantaran tak ada lagi akses jalan yang bisa menembus sungai berukuran besar tersebut.

Kementan Gencarkan Pompanisasi dan Olah Tanah serta Percepat Tanam Padi

"Ini jembatan sangat efektif karena sangat penting untuk para petani selalu dipakai akses jika pergi berkebun maupun ke sawah. Sehingga karena sekarang ambruk aktivitas para petani sangat terganggu, tidak bisa bepergian melewati sungai tersebut karena tidak ada akses lagi untuk melewati sungai yang sangat besar tersebut," kata Kepala Desa Cipicung, Amir, Jumat 16 Desember 2022.

Jembatan gantung Rawayan di atas sungai Cijalu pondasinya amblas hingga nyaris ambruk.

Photo :
  • tvOne/Denden Ahdani - Tasikmalaya
Panen Ganda Kelapa Sawit dan Padi, Untungkan Petani

Saat ini, kata amir, banyak warga yang memaksakan diri melintas dengan menerjang derasnya air sungai. Hal ini tentu sangat berbahaya, apalagi jika terjadi hujan volume air sungai sangat tinggi. Meskipun ada akses jalan alternatif dengan mencari jembatan lain, tetapi jaraknya sangat jauh.

"Untuk sementara kalau ada yang melintas kebanyakan turun ke sungai, ada juga yang melewati jembatan yang lain, tetapi aksesnya sangat jauh. Sehingga, warga harus memerlukan waktu yang sangat panjang," ucap Amir.

Amir berharap, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas terkait segera memberikan solusi berupa bantuan pemulihan atau perbaikan fondasi jembatan. Pasalnya, jembatan gantung ini sangat dibutuhkan warga terutama para petani.

"Harapan saya untuk Dinas terkait, baik dari Kabupaten, Provinsi atau pusat segera memberikan bantuan kepada kami khususnya Desa Cipicung yang mana jembatan tersebut terletak di Desa kami untuk pemulihan atau perbaikan. Karena, sekali lagi jembatan tersebut sangat diperlukan oleh kami aktivitas pertanian atau kegiatan aktivitas sehari-hari," tutup Amir.

Laporan: tvOne/Denden Ahdani

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya