PVMBG Beberkan Kronologi Kenaikan Aktivitas Gunung Ruang Sebelum Meletus

Gunung Ruang di Sulawesi Utara meletus (Dok BNPB)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Ketua Tim Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Heruningtyas menjelaskan kronologi kenaikan aktivitas Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Heruningtyas mengatakan aktivitas Gunung Ruang terjadi secara mendadak, diakibatkan eskalasi kegempaan yang dimulai pada 11 sampai 15 April 2024. Erupsi pertama, kata dia, terjadi pada tanggal 16 April 2024.

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Photo :
  • Antara
Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

"Pada bulan April 2024, ini Gunung Ruang dapat dikatakan aktivitasnya mendadak dan cukup cepat. Dikarenakan ini eskalasi kegempaannya dimulai dari tanggal 11 sampai 15 April 2024. Hingga akhirnya terjadi erupsi Gunung Ruang yang terjadi pada tanggal 16 April pukul 13.37 WITA untuk erupsi pertama," kata Heruningtyas dalam paparannya secara daring, Kamis, 18 April 2024.

Heruningtyas menjelaskan mulanya terdeteksi adanya gempa tektonik di Pulau Doi, Maluku Utara pada tanggal 9 dan 14 April 2024. Kemudian, dilanjutkan dengan adanya aktivitas kegempaan yaitu vulkanik dalam yang tercatat cukup signifikan, mulai berjumlah 5, hingga mencapai 146 kali.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

"Nah ini menjadi salah satu yang mendasari kami menaikan level dari status normal dari level 1 ke level 2 atau waspada," kata dia.

Ia mengaku menaikan status Gunung Ruang pada tanggal 16 April 2024 pukul 10.00 WITA dan memasukan rekomendasi bahaya sejauh 2 km radius aman dari pusat aktivitas gunung Ruang.

"Waktu 16 April meskipun belum ada pengungsian, kami sudah secara intens berkomunikasi dengan BPBD dan Pemda setempat terkait aktivitas di Gunung Ruang. Kami juga mengkoordinasikan adanya potensi evakuasi pada jarak aman," ucap dia.

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Photo :
  • Instagram

Setelah menaikan status Gunung Ruang, kata dia, langsung terjadi erupsi yang pertama pada pukul 13.37 WITA. Namun, erupsi itu masih lemah. Setelahnya, terjadi erupsi yang kedua kali di hari yang sama pukul 21.45 WITA.

"Erupsi ini cukup intens maka kami menaikan level siaga pada tanggal 16 April pukul 16.00 WITA," katanya.

Tak berhenti, lanjut dia, erupsi Gunung Ruang yang cukup besar terus berlanjut hingga 17 April 2024. Kemudian, PVMBG menaikan status menjadi awas dikarenakan adanya potensi tsunami yang dapat terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya