Saat Ramadan, Hindari Jalan-Jalan Ini di Jakarta Pusat

Jajanan di Pasar Ramadan Benhil
Sumber :
  • VIVAlife/Al Amin

VIVA.co.id – Saat Ramadan tiba, para pedagang makanan dan minuman untuk berbuka puasa menjamur di berbagai daerah. Tak terkecuali di Jakarta Pusat. Berbagai lokasi di wilayah itu menjadi titik-titik kumpul mereka.

Pedagang Nasi Buka Siang Hari Selama Ramadhan di Aceh Akan Ditindak

Di satu sisi, kehadiran mereka membantu warga untuk mendapatkan aneka makanan berbuka puasa. Namun, di sisi lain, kehadiran mereka terkadang berdampak pada arus lalu lintas. Sebab, banyak dari mereka yang berjualan di pingir jalan raya.

Menjelang waktu berbuka, kemacetan kerap terjadi di lokasi mereka berdagang. Selain karena tempat berdagang yang memakan badan jalan, kemacetan juga lantaran banyak pembeli parkir sembarangan di sana.

Pesona Bule Cantik Penjual Takjil di Pasar Rawamangun

Kepolisian meminta para pengendara yang mau berbelanja penganan berbuka puasa untuk tidak berhenti seenaknya, serta memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah disediakan. 

"Tentu boleh kalau mau jajan (makanan dan minuman). Tapi, kami imbau untuk jangan parkir sembarangan. Kami juga berharap supaya mereka (pedagang) tidak berjualan di jalan raya," ujar Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Polisi Suyatno kepada VIVA.co.id, Kamis, 2 Juni 2016.

Pemudik Jawa Tengah Diimbau Pulang Lebih Awal

Berdasarkan data yang didapat VIVA.co.id, pedagang makanan dan minuman untuk buka puasa ada di hampir seluruh kecamatan di Jakarta Pusat. Menjelang buka puasa, para pengendara sebaiknya menghindari lokasi-lokasi pusat pedagang tersebut lantaran kerap terjadi kemacetan.

Beberapa lokasi pedagang makanan dan minuman tersebut yaitu:

- Kecamatan Tanah Abang
Para pedagang makanan dan minuman untuk buka puasa biasanya menggelar dagangannya di kawasan Pasar Bendungan Hilir (Benhil).

- Kecamatan Gambir
Banyak pedagang berjualan di kawasan Pasar Gang Thomas, di Jalan Tanah Abang 1 yang tak jauh dari Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Pejambon, dan di kawasan depan Polsek Metro Gambir.

- Kecamatan Senen
Pedagang menggelar dagangannya di Pasar Kramat Raya samping bioskop Grand Senen, di Jalan Kramat Sentiong. 

- Kecamatan Johar Baru
Pedagang makanan dan minuman dapat ditemui di Pusat Promisi Ikan Hias, Jalan Percetakan Negara, di Pasar Paseban, dan di Pasar Johar Baru.

- Kecamatan Cempaka Putih
Pedagang dapat dijumpai di depan Kantor Kecamatan Rawasari.

- Kecamatan Kemayoran 
Warga akan menjumpai para penjual makanan dan minuman di Bundaran Masjid Akbar, Jalan Rusun Apron Kemayoran.

- Kecamatan Menteng
Pedagang makanan dan minuman untuk berbuka puasa  dapat dijumpai di sekitar Masjid Cut Meutia, di kawasan Masjid Sunda Kelapa yang tak jauh dari rumah dinas Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya