Tahun Ini, Operasi Ketupat Ganti Nama

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Menjelang Idul Fitri, aparat Polri menggelar Operasi Ketupat saban tahun. Namun tahun ini, nama operasi itu tak akan terdengar lagi. Sebab, operasi tersebut berganti nama menjadi Operasi Ramadhania.

Kapolri Prediksi Kerawanan Operasi Ketupat 2019 Lebih Tinggi

Adalah Kapolri Jenderal Badrodin Haiti yang menginstruksikan perubahan nama sandi operasi Kepolisian tersebut.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto mengatakan, pergantian sandi ini diharapkan lebih baik dan dapat meningkatkan kinerja para kapolres, khususnya yang tergabung di bawah wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Fokus Operasi Ketupat 2018, Keempat Waspada Terorisme

"Mungkin risih saja dari kata Ketupat. Karena kan Operasi Ketupat tidak hanya saat Ramadan saja, tapi kan juga banyak operasi lain sampai habis lebaran," ujar Moechgiyarto kepada wartawan, Jumat, 3 Mei 2016.

Operasi Ramadhania, kata mantan Kapolda Jawa Barat itu, diharapkan dapat meningkatkan kinerja Kepolisian. Terutama penindakan kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan dan pencurian kendaraan bermotor (Cepu 3).

177 Ribu Personel Gabungan Siap Amankan Mudik 2018

"Karena cepu 3 kejahatan tradisional yang sangat dominan di mana saja. Di semua Polda pasti ini masalah utama dan kami akan antisipasi terus, salah satunya dengan analisa dan evaluasi (anev) rutin," katanya.

Untuk itu, Moechgiyarto melanjutkan, pihaknya telah meminta jajaran kapolres untuk rajin melakukan razia dan menjalankan pola-pola patroli dengan baik, agar wilayah hukumnya aman. "Nah kalau loyo akan bergeser rawannya. Kan prinsipnya sekarang tinggal kuatan kita atau penjahat," katanya.

Menurut dia, para penjahat memiliki rumus Niat+Kesempatan (N+K). "Ada niat, ada kesempatan. Kalau operasi jalan terus maka ada niat tapi enggak ada kesempatan jadi gagal. Tapi kalau kapolresnya enggak kuat ya akan kami geser."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya