Perampok Spesialis Rumah Kosong di Depok Diringkus Polisi

Perampok spesialis rumah kosong di Depok
Sumber :
  • Zahrul/VIVA/DEPOK

VIVA.co.id – Satuan Reskrim Polres Kota Depok berhasil meringkus kawanan pencuri dengan modus rumah kosong (Rumsong). Komplotan ini kerap bikin ulah jelang musim mudik Lebaran.
        
Kapolresta Depok, Ajun Komisaris Besar Harry Kurniawan mengatakan, mereka yang berhasil dibekuk yakni, Kanisius Toar Manoppo als Toar (20) dan rekannya Diwantoro als Andika (21).
         
"Dari pengembangan ini kemudian kita berhasil meringkus dua penadahnya, yakni Agustian Jamaludin als Jalil (40) dan Sumardi (48) masing-masing ditangkap di daerah Pancoran Mas dengan transaksi beli motor curian," katanya, Sabtu 18 Juni 2016.
         
Dari hasil penggeledahan, petugas juga berhasil menyita sejumlah barang dugaan hasil pencurian para pelaku seperti puluhan TV LCD, motor, serta perhiasan dan uang jutaan rupiah. Selain menjual secara langsung, pelaku juga menjual barang curiannya via online.
         
"Mereka ini mengincar rumah yang ditinggal oleh pemiliknya. Biasanya berulah siang hari, dengan modus mencongkel jendela," jelas Harry.
        
Terkait kasus ini Kapolres pun mengimbau kepada masyarakat jika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong agar menitipkan pada tetangga, RT (rukun tetangga), RW (rukun warga) atau sekuriti setempat.
         
"Menjelang Lebaran banyak yang akan ditinggal mudik. Kita mengharapkan partisipasi masyarakat untuk kerjasama melaporkan rumah-rumah yang kosong supaya nanti oleh petugas wilayah akan dilakukan patroli siang malam,” ujar Harry

Dua Bandit Rumsong di Depok Nekat Todong Pistol ke Polisi

Target Pelaku Rumsong

Secara terpisah, Kapolsek Beji, Komisaris Ni Gusti Ayu Supiati mengungkapkan, kawanan pelaku spesialis rumsong ini sudah melancarkan aksinya sebanyak 6 kali di wilayah Beji,Depok.       

Bandit Rumah Kosong yang Bikin Warga Bekasi Takut Berlibur Diciduk

"Mereka ini biasa beraksi di siang hari dengan melihat lampu depan rumah menyala berarti rumah tersebut dalam keadaan kosong," katanya.
        
Kelompok Toar cs ini, lanjut Ayu, berhasil diringkus karena aksinya sempat terekam video. Dari situlah petugas melakukan pengejaran setelah melihat wajah para pelaku.
    
"Sebelum tertangkap dua pelaku yang mencoba masuk ke dalam rumah yang menjadi sasaran, sempat direkam video melalui handphone dari tetangganya. Dari situ kita selidiki rekaman handphone saksi wajah identitas pelaku diketahui," jelasnya.
        
Beberapa lokasi yang pernah jadi sasaran pelaku yakni, Perumahan Depok Utara, Jalan Madura, Jalan Halmahera, Jalan Pisang, Jalan Pepaya, dan Perumahan Depok Indah II yang masih di wilayah Beji, Depok.
         
"Mereka ini tidak hanya menjarah barang elektronik tapi juga motor. Bahkan ada satu motor sport built up keluaran Jerman yang berhasil dibawa kabur pelaku. Dan atas perbuatannya, mereka diancam pasal 363 tentang pencurian dengan ancaman di atas 5 tahun penjara," tegas Kapolsek.

Polisi merilis pelaku spesialis rumah kosong

Maling Spesialis Rumah Kosong di BSD Tangerang Ditembak Polisi

Polisi terpaksa menembak kaki maling spesialis rumsong karena coba melarikan diri saat proses penangkapan.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2021