Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Pecah Dua Konsentrasi

Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August Dwinanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri

VIVA.co.id – Puncak arus balik Lebaran tahun 2016 ini diperkirakan akan terjadi hari ini, Minggu 10 Juli 2016. Di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, arus itu sudah mulai terlihat. Ini termasuk sejak H+1.

Kemenhub Prediksi 23 Juni Puncak Arus Balik Angkutan Umum

"Dari H+1 sudah terlihat sampai H+2. Tapi puncaknya diperkirakan hari ini. Nanti data update-nya besok terlihat jam 8 pagi," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August Dwinanto, ketika ditemui di kantornya, Jakarta Timur, Minggu 10 Juli 2016.

Emiral mengatakan, pada Sabtu 9 Juli kemarin terdapat 23.470 orang yang tiba di terminal Kampung Rambutan. Menurutnya angka itu adalah peningkatan dari tahun lalu di hari yang sama. Namun jika dibandingkan dengan puncaknya, tahun ini diprediksi mengalami penurunan.

Wakapolri: Puncak Balik Lebaran Terbagi Tiga Gelombang

"Karena apa? Ada dua konsentrasi. Satu, yang berangkat kerja besok. Kedua, adik-adik kita yang masih sekolah masih pada libur. Jadi mereka mungkin masih ingin bercengkrama, jadi mungkin konsentrasi yang kedua puncaknya H+9," ujar Emiral.

Hari ini katanya, arus balik diprediksi akan didominasi oleh bus-bus yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Walaupun ada sedikit keterlambatan, namun katanya hal itu tidak jauh dari jadwal.

Puncak Arus Balik Bandara Soetta Diperkirakan Malam Ini

"Sekarang mulai terlihat dari Jawa Tengah, seperti Tegal, Wonosobo. Kita lihat juga tadi yang dari Sumatera, Lampung, mulai terlihat," kata dia.

"Ya memang kemaren sedikit keterlambatan, tapi dilihat dari jadwal sekarang lancar. Kan biasanya jam 8 sampai jam 10 arus kedatangannya," lanjut Emiral.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya