Wagub Djarot: Kemiskinan Sengaja Diciptakan

Wagub DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, menyebut masalah kemiskinan tidak terjadi secara alamiah. Sebab, ketika lahir manusia diciptakan sama, alias tidak ada yang kaya maupun miskin.

BPS: Penduduk Miskin Jakarta Berkurang 3.630 Orang

Hal ini disampaikan Djarot saat memberikan pengarahan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tentang Penanggulangan Kemiskinan di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 11 Agustus 2016.

Dia berpendapat, kemiskinan bisa jadi sengaja diciptakan sedemikian rupa untuk kepentingan tertentu. "Hemat saya kemiskinan bukan gejala alamiah, tapi karena sistem sosial yang tidak adil," ujar Djarot.

Janji Beri Bansos ke Warga Non-DKI, Anies: Mereka Saudara Sebangsa

Menurut Djarot, bangsa yang dimiskinkan akan mudah dieksploitasi negara yang kuat. Untuk itu, kemiskinan merupakan gejala ilegal yang harus diberantas.

"Kemiskinan ini gejala yang dibuat, mungkin juga direkayasa di masa lalu kemudian diperbanyak, dijadikan proyek. Atau sengaja diciptakan supaya memberikan eksploitasi," kata Djarot.

Anies Banggakan Lagi Kemiskinan DKI Terendah 5 Tahun Terakhir

Dengan alasan itu, Djarot menginginkan tidak ada lagi warga Jakarta yang masuk golongan miskin. Apalagi Jakarta mempunyai kekayaan yang melimpah. Djarot berharap agar setiap pemangku kepentingan menyamakan persepsi untuk menanggulangi kemiskinan.

"Proses kemiskinan harus kita hentikan. Kita samakan dulu persepsi kita," ujar Djarot. (ase)

Tempat tinggal warga miskin di Jakarta.

Heru Budi Laporkan Data Terbaru: Ada 3,9 Juta Warga Miskin di DKI Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melaporkan ada sekitar 3,9 juta warga miskin di DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2023