Kawanan Monyet Liar Serang Kemah Jambore, Tiga Peserta Luka

Ilustrasi monyet
Sumber :
  • mochilao tv

VIVA.co.id – Kawanan monyet liar menyerang peserta pertemuan Pramuka penggalang yang berkemah di kawasan Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Penyerangan monyet itu terjadi pada Kamis, 11 Agustus 2016, di Kamp Lima, Kompleks Jambore Cibubur.

Belasan Ribu Penggemar Mercedes-Benz Kumpul di Kota Solo

Ada tiga peserta yang dikabarkan menjadi korban serangan kawanan monyet liar tersebut. Satu korban bernama Yanti. Sedangkan dua lainnya belum diketahui identitasnya.

Pengelola Konservasi Sumber Daya Hutan, Polisi Kehutanan Dinas Kelautan Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, Suyanto, mengatakan, penyerangan monyet benar terjadi.

4 Otonom Persis Tatap Indonesia Emas

"Ya, saya dengar korbannya itu ada tiga, dan yang menjadi korban pembinanya," kata Suyanto di Komplek Jambore Buperta, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat 12 Agustus 2016.

Penyerangan kawanan monyet bermula saat hewan primata tersebut mendatangi lokasi kemah Yanti dan kawan-kawan. Kemudian monyet tersebut mengambil makanan.

Jokowi: Pramuka Penggalang Dikenalkan Kampung Digital

Saat salah satu monyet mengambil makanan, secara spontan korban pun refleks dan terjadi perebutan makanan antara korban dan monyet tersebut.

Saat terjadi aksi saling tarik menarik makanan antara korban dan monyet, di situlah monyet tersebut menyerang ketiga korban. Dan itu menyebabkan ketiga peserta mengalami luka-luka terkena cakaran dan gigitan monyet liar.

Suyanto mengatakan, kondisi Yanti saat ini sudah membaik. Namun, dua korban lainnya masih belum diketahui keberadaannya.

Hari ini, menurut Suyanto, pihaknya bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Kementerian Lingkungan Hidup sengaja mendatangi kawasan Jambore untuk mengambil tindakan. "Ya jelas kita akan melakukan penanganan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya