Polisi Tanyai Pengunjung Sidang Jessica: Anda Dukung Siapa?

Situasi pengamanan di PN Jakarta Pusat jelang vonis Jessica Kumala Wongso
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Kapasitas ruang sidang Koesoemah Atmadja di Geduang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kamis siang ini sudah penuh sesak, karena membludaknya pengunjung yang datang karena ingin menyaksikan sidang vonis kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso.

Ahli Forensik Bantah Mirna Salihin Tewas Diracun, Ini Penjelasannya

Pihak kepolisian bahkan sempat kewalahan dan menyuruh pengunjung agar menyaksikan sidang pada layar monitor yang disediakan di luar pintu masuk.

"Saya mohon kerjasamanya, bapak-bapak, ibu-ibu tolong kosongkan tempat ini, tinggalkan tempat ini karena ruang sidang sudah overload. Tolong kerjasamanya, kalau mau lihat bisa di luar pintu kaca," kata Kapolsek Kemayoran, Kompol Adri Desas Furyanto, yang memimpin pengamanan sidang vonis Jessica.

Otto Hasibuan Akui Kasus Jessica Wongso Lebih Rumit dari Ferdy Sambo: Dilihat dari Delik Hukumnya

Adri terlihat berulang kali mengutarakan imbauannya tersebut, meski tak juga digubris oleh pengunjung yang masih berada di lobby PN Jakpus.

Sementara itu, untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan selama jalannya sidang, pihak kepolisian menanyakan setiap pengunjung yang masuk ke ruang sidang. Polisi menyiapkan dua pintu masuk untuk para pengunjung sidang.

Habib Bahar Bin Smith Segera Disidangkan di PN Bandung

"Kalau Mirna masuk pintu sebelah kanan, kalau Jessica pintu sebelah kiri," ujar Adri.

Sebelumnya, kepolisian mengerahkan 500 personilnya untuk pengamanan sidang putusan Jessica. Pengamanan ketat tampak di beberapa titik Gedung PN Jakpus, termasuk di depan ruang sidang. Polisi juga menempatkan dua kendaraan Barracuda di luar Gedung PN Jakpus.

Beberapa pengunjung tampak kebingungan melihat pola pengamanan tersebut. Bahkan, beberapa pengunjung sidang ada yang tak habis pikir dengan pengamanan yang tak biasa ini. "Kayak penonton bola," celetuk seorang pengunjung.

Sidang vonis Jessica awalnya dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 WIB. Namun informasi yang didapat, sidang baru akan dimulai pukul 13.00 WIB.

Laporan: Bobby Agung Prasetyo / Jakarta

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya