Polling VIVA.co.id: Anies-Sandi Ungguli Ahok-Djarot

Dua pasangan calon peserta PIlkada DKI 2017, Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga Uno dalam debat kandidat putaran kedua.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Hari pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta 2017  putaran kedua tinggal beberapa hari lagi. Warga Jakarta pun bersiap memberikan suaranya pada 19 April 2017 nanti.

Tutup Usia, Ini Profil M Taufik yang Sukses Menangkan Jokowi-Ahok Hingga Anies-Sandi

Ada dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang akan bersaing memperebutkan suara masyarakat Jakarta. Mereka adalah pasangan nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Sebelum menuju hari pemilihan, KPU Provinsi DKI Jakarta menggelar debat Pilkada DKI Jakarta putaran dua, Rabu, 12 April 2017 malam. Debat mengusung tema "Dari Masyarakat untuk Jakarta".

Petinggi PKS Sebut Peluang Anies-Sandiaga Duet di Pilpres 2024 Kecil

Ada yang beda dalam debat tersebut. Di antaranya terdapat perwakilan sejumlah komunitas diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada pasangan calon. Kemudian, ada sesi tanya jawab antarcalon wakil gubernur dan sesi tanya jawab antarcalon gubernur. 

Lantas, usai debat itu bagaimana penilaian masyarakat terhadap pasangan calon? Siapa yang menurut mereka layak memimpin Jakarta?

Prabowo Bungkam soal Isi Perjanjian Anies-Sandiaga, Sufmi Dasco: Jangan Dijawab Pak!

Pascadebat, VIVA.co.id menggelar polling melalui jejaring sosial Twitter. Dalam polling diajukan pertanyaan: Setelah debat final Pilkada semalam, paslon manakah yang layak memimpin Jakarta?

Polling digelar sejak 12 April 2017 lewat akun @VIVA.co.id. Terdapat 10.308 suara yang masuk ke polling tersebut. Hasilnya, sejumlah 64 persen suara menilai pasangan Anies-Sandi yang layak memimpin Jakarta. Sementara 36 persen suara menilai pasangan Ahok-Djarot layak memimpin Jakarta. 

Namun, hasil polling ini bukan mencerminkan hasil Pilkada DKI dan juga bukan suara redaksi. Polling ini hanya merangkum pendapat netizen di VIVA.co.id.

VIVA.co.id juga tidak bertanggung jawab terhadap metodologi polling ini karena hanya menggunakan layanan yang sudah ada di Twitter.

Sebelumnya, VIVA.co.id juga menggelar polling serupa usai debat Pilkada DKI Jakarta putaran pertama. Polling tersebut di antaranya dilakukan pada 11 Februari 2017, usai debat ketiga. Saat itu, masih ada tiga pasangan calon yang bersaing. Selain Ahok-Djarot, Anies-Sandi, juga ada pasangan Agus Harimuti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Ketika itu, terdapat 9.364 suara yang masuk. Hasilnya, netizen memberikan suara 54 persen untuk  Anies-Sandi, 39 persen untuk Ahok-Djarot dan 7 persen untuk Agus-Sylvi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya