Bangunan Liar Muncul Lagi di Kalijodo, Djarot: Bongkar

Ilustrasi Satpol PP tengah membongkar bangunan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Bangunan liar di kawasan Kalijodo, Jakarta belum lama ditertibkan. Namun, saat ini bangunan liar telah kembali muncul. Di antaranya bangunan di kolong tol Pluit, Jalan Kepanduan 1 atau sebelah barat RPTRA Kalijodo.

Cerita Kompol Faruk Ciduk Pentolan Kalijodo Daeng Azis

Terkait bangunan liar itu, Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pihaknya telah memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja untuk menertibkan kembali bangunan liar di kawasan Kalijodo, Jakarta.

"Saya sudah perintahkan Satpol PP untuk bongkar. Bukan hanya di Kalijodo, Ancol juga. Termasuk di Akuarium. Saya sudah perintahkan untuk bongkar," kata Djarot di Balaikota DKI Jakarta, Rabu, 31 Mei 2017.

Tiba di Jakarta, Obor Asian Games Bakal Lewati Kalijodo 

Menurut Djarot, bangunan liar yang berdiri di Jakarta tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Jika dibiarkan, bangunan-bangunan liar tersebut akan bertambah banyak dan akan susah untuk ditertibkan. "Jangan biarkan mereka terlalu lama di situ. Itu nanti akan berkembang biak, maka harus dibongkar," ujarnya.

Setelah ditertibkan, menurut Djarot, pihaknya akan memagar lahan tersebut. Bahkan, lahan yang kosong itu juga akan ditanami dengan pepohonan agar bangunan liar tidak berdiri lagi. 

'Bos' Kalijodo Daeng Aziz, Jadi Bacaleg Gerindra

"Di Jakarta ini yang begitu tidak boleh ada lahan kosong dibiarkan lama. Kalau begitu nanti ditempati gitu ya, enggak boleh. Apalagi fasilitas umum kayak kolong tol, kolong jembatan, harus dijaga terus," ujarnya.

Sejumlah warga dan petugas membereskan bedeng Kalijodo

Pemkot Jakbar Duga Penghuni Kolong Tol Angke Warga Gusuran Kalijodo

Viral di media sosial sebuah perkampungan yang berada di bawah kolong Tol Angke, Jakarta Barat dengan fasilitas lengkap. Bahkan ada aliran listrik.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2023