Bus Transjakarta Antre di Halte TU Gas Diduga Bikin Macet

Bus TransJakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

VIVA – Bus Transjakarta antre di Halte TU Gas, Pulogadung, Jakarta Timur. Antrean itu diduga, turut menjadi salah satu penyebab kepadatan kendaraan di kawasan tersebut, saat jam pulang kerja.

Anies Pastikan Halte Transjakarta Bundaran HI Beroperasi Senin Besok

Pantauan VIVA, bus Transjakarta antre di Halte TU Gas. Bus-bus itu terkesan seperti ngetem di halte tersebut. Akibatnya, terjadi kepadatan kendaraan. Tak hanya itu, kendaraan lain juga terhambat untuk melintas.

Kendaraan dari arah Klender menuju Pulogadung misalnya. Ketika lampu lalu lintas telah hijau, pengendara terkadang kesulitan untuk melintas lantaran terhalang bus.

Dirut Transjakarta: Halte yang Hangus Terbakar Perlu Perbaikan 2 Bulan

Menanggapi hal itu, Humas PT Transjakarta Wibowo mengemukakan,  jika terjadi kemacetan, mesti dilihat juga apakah di depannya memang tengah macet karena jam sibuk berangkat atau pulang kerja. Kemudian, apakah jalur di depannya bersinggungan dengan kendaraan pribadi. 

Menurut Wibowo, bus-bus tersebut seharusnya jalan terus. "Pasti bus jalan terus, enggak mungkin berhenti, kecuali di halte untuk naik dan turun penumpang," ujarnya, saat dihubungi VIVA, Rabu 20 Desember 2017.

Kerugian Demo Omnibus Law CIpta Kerja, Anies: Halte Saja Rp55 Miliar

Jika menaikkan dan menurunkan penumpang pun tak makan waktu lama. "Paling 30 detik, naik turunkan penumpang," kata Wibowo.

Dia memperkirakan, kemungkinan banyaknya bus di halte tersebut bukan hanya dari satu rute, tetapi dari beberapa rute dan jalurnya bersinggungan. "Misalnya, satu bus rutenya TU Gas, ada satu lagi rutenya lain, tetapi jalur itu," ujar Wibowo.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau halte TranJakarta yang telah diperbaiki setelah dirusak dan dibakar oleh massa penentang Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja pada Senin, 12 Oktober 2020.

Anies Pamer Halte Baru Transjakarta usai Dibakar Pendemo Omnibus Law

Massa merusak dan membakar sejumlah halte bus Transjakarta.

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2020