Sandiaga: Penataan Tanah Abang Saat Ini Hanya Sementara

Kepadatan pedagang Pasar Tanah Abang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA –  Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, penataan kawasan pasar Tanah Abang saat ini hanya bersifat sementara. Ia pun berharap, para pedagang kaki lima di kawasan Tanah Abang dapat masuk ke Blok G Pasar Tanah Abang yang nanti akan direvitalisasi.

Ratusan PKL Bisa Selamatkan Ribuan Tenaga Kerja

"Kebijakan ini saya ingin garisbawahi bersifat sementara. Kami maunya di blok G yang baru mereka harus pindah kesana. Begitu dibangun trafficnya lancar. Mudah-mudahan LRT-nya diizinkan sampai kesana (pasar Tanah Abang)," kata Sandiaga di ruang Jakarta Smart City, Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 29 Desember 2017.

Ia pun menambahkan, alasan dirinya saat ini tidak memindahkan para PKL ke blok G Tanah Abang lantaran Blok G tersebut akan dirobohkan. Revitalisasi Blok G Tanah Abang, kata Sandiaga, akan dilakukan jika PD Pasar Jaya telah mendapatkan tanah pengganti untuk merelokasi pedagang di Blok G.

Uno: Penutupan Jalan Jati Baru Tak Langgar UU

"Jadi begitu Pak Arif (Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin) menemukan lahan pengganti untuk para pedagang yang ada, Blok G sekarang itu mereka akan runtuhkan. Tahun 2018 (rencana revitalisasi)," katanya.

Sandiaga mengatakan, saat ini kondisi gedung Blok G sudah tak layak lagi dijadikan pusat perbelanjaan.

Pantau PKL Tanah Abang yang Bandel, Pemprov Pasang CCTV

"Dan memang rencana PD Pasar Jaya dari 2016 adalah membangun ulang (Blok G Tanah Abang) dan itu akan menjadi bagian building block," ujar Sandiaga.

Ilustrasi-Penertiban PKL di Trotoar

Ogah Ditertibkan, PKL Tanah Abang Serang Satpol PP

Pedagang melamparkan batu kepada Satpol PP saat penertiban.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2019