Rute Masuk Ancol Saat Pergantian Tahun

Liburan tahun baru di Ancol
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVA – Kawasan Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu lokasi pusat perayaan pergantian tahun di Jakarta. Polisi akan menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi, apabila terdapat kemacetan di sekitar Ancol.

Petugas Sekuriti Ancol Pengeroyok Pengunjung hingga Tewas Ternyata 5 Orang

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, mengatakan, pengalihan atau rekayasa lalu lintas ini bersifat sementara.

"Pengalihan arus bersifat situasional, apabila kepadatan kendaraan sudah memacetkan jalan," kata Budiyanto dalam keterangannya, Sabtu 30 Desember 2017.

Geger! Wahana Halilintar di Dufan Berhenti Saat Menanjak, Pengunjung Dibuat Histeris

Berikut, lokasi-lokasi yang akan dialihkan arus lalu lintasnya ketika terjadi kemacetan:

1. Dari arah barat atau Penjaringan, pengalihan arus dilakukan di putaran SPBU Bintang Mas.

Gak Mau Liburan Jauh-jauh, Ada Tiket Gratis Masuk Ancol Masih Ada Ribuan

2. Dari arah selatan atau Jl Gunung Sahari, pemgalihan dilakukan di Putaran Jimbaran, Traffic Light (TL) Mangga Dua dan TL Bintang Mas.

3. Dari arah tengah atau Jalan Benyamin Sueb, pengalihan dilakukan di Bundaran Benyamin Sueb dan TL Pasir Putih.

4. Dari arah timur atau Tanjung Priok (Jalan RE Martadinata), kendaraan dari Tanjung Priok dialihkan di TL Jalan Baru Ancol Selatan.

Polisi juga menyiapkan pengalihan arus lalu lintas, apabila kawasan Ancol sudah tidak dapat menampung pengunjung lagi.

Berikut, rekayasa pengalihannya:

1. Kendaraan yang datang dari turunan Tol Ancol Barat diputarbalikan di SPBU Bintang Mas, selanjutnya mengarah Penjaringan, masuk Tol Ancol Barat atau melintas di Jalan Kampung Bandan mengarah ke Tamansari, Jakarta Barat.

2. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Gunung Sahari putar balik melalui Jimbaran, kembali ke arah Jakarta Pusat. Apabila terdapat kendaraan yang lolos maka dibelokkan ke kiri di TL Mangga Dua memasuki Jalan Mangga Dua Raya ke Jakarta Pusat.

Apabila kendaraan lolos dari TL Mangga dua diarahkan belok kiri ke arah Tol Ancol Barat atau belok kanan mengarah Jembatan Goyang.

3. Kendaraan yang datang dari Jalan Benyamin Sueb diluruskan melalui perempatan TL Pasir Putih, lurus ke arah timur atau Tanjung Priok.

4. Kendaraan yang datang dari arah Tanjung Priok dibelokan ke kiri di TL Jalan Baru Ancol menuju ke Sunter.

Pengguna kendaraan bermotor yang menuju ke Ancol dapat melewati empat rute. Yakni dari barat di Jalan Raya Lodan dan keluar Tol Ancol Barat, dari selatan di Jalan Gunung Sahari dan Jalan Mangga Dua Raya.

Dari tengah ada di Jalan Benyamin Sueb, dan dari timur ada di Jalan Baru Ancol dan keluar Tol Ancol Timur.

Pada malam tahun baru, Ancol membuka lima pintu utama, yakni pintu Marina (untuk keluar dan masuk), Pintu Utama Barat (untuk masuk), Pintu Utama Carnaval (untuk masuk dan keluar), dan Pintu Utama Timur (untuk masuk dan keluar).

Satu pintu masuk dan keluar khusus bagi pejalan kaki, serta pintu paint ball (khusus untuk keluar).

Berikut, rute menuju ke kawasan Ancol:

Jalur Barat (dari arah Penjaringan melintas Jalan Lodan Raya)

1. Arus lalu lintas yang datang dari Penjaringan melintas di Jalan Lodan Raya diarahkan masuk ke Pintu Marina melalui Jalan Parangtritis – Jalan Karang Bolong - Jalan Pelabuhan Ratu, masuk melalui pintu Marina.

2. Apabila pintu Marina padat, maka diarahkan masuk melalui GBU Ancol Barat.

3. Apabila di depan GBU Ancol Barat terjadi kepadatan, maka arus lalin diarahkan melalui Jembatan Goyang dan masuk melalui GBU Ancol Timur

4. Apabila GBU Ancol Timur padat, maka pengunjung Ancol diarahkan masuk melalui Pintu Carnaval

Jalur Selatan (dari arah Jalan Gunung Sahari Raya)

1. Pengunjung yang datang dari Jalan Gunung Sahari Raya diarahkan melalui GBU Ancol Barat

2. Apabila terjadi kepadatan sekitar TL Bintang Mas, maka arus lalu lintas yang datang dari Jalan Gunung Sahari Raya dialihkan di TL Mangga Dua, masuk ke Jalan Mangga Dua Raya.

3. Apabila arus lalin yang mengarah TL Bintang Mas masih terjadi kepadatan. Maka dibelokan ke kanan menuju ke Jembatan Goyang dan masuk melalui GBU Ancol Timur maupun pintu masuk Carnaval.

Jalur Tengah (dari arah Jalan Benyamin Sueb Kemayoran)

1. Pengunjung yang datang dari arah Jalan Benyamin Sueb diarahkan masuk GBU Ancol timur melalui TL Pasir Putih – Pertigaan depan Hydros – Bunderan Hydros – GBU Ancol Timur.

2. Apabila terjadi kepadatan di GBU Ancol Timur, maka lalin di TL Pasir Putih dialihkan ke Pintu Carnaval

Jalur Timur (dari arah Jalan RE Martadinata dan out ramp Ancol Timur)

1. Pengunjung yang akan masuk Ancol dari arah Tanjung Priok (Jalan RE Martadinata) dapat melalui Jembatan PLTU Kanjut mengarah ke Pintu Carnaval, atau diluruskan melintas di Jalan RE Martadinata -Jembatan Goyang masuk melalui GBU Ancol Timur.

2. Pengunjung yang datang dari Jalan Baru Ancol diarahkan melintasi Jembatan Goyang, masuk melalui GBU Ancol Timur. Apabila terjadi kepadatan, maka dialihkan masuk melalui pintu masuk Carnaval.

3. Pengunjung yang datang dari out ramp Ancol Timur diarahkan melintas Jembatan Goyang, masuk melalui GBU Ancol Timur. Apabila terjadi kepadatan, dialihkan ke Pintu Masuk Carnaval.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya