Penyebab Truk Pertamina Terbakar di Tol Cikampek

Truk tangki Pertamina terbakar. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • PT Jasa Marga.

VIVA - Truk Pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) milik PT Pertamina terbakar di Jalan Tol Jakarta - Cikampek Km 51 menuju Jakarta, Sabtu, 6 Januari 2018. Akibat kejadian itu arus lalu lintas mengalami kepadatan.

Detik-detik Pria Curi BBM dari Truk Tangki Pertamina saat Macet di Plumpang

"Kendaraan tangki pengangkut BBM milik PT Pertamina (Persero) dengan nomor polisi T.9080.E terbakar di Km 51+400 arah Jakarta," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulis diterima awak media, Sabtu malam.

Atas kejadian ini, PT Jasa Marga, mengimbau kepada pengguna jalan untuk menggunakan jalur alternatif. Untuk saat ini, truk BBM yang terbakar masih dalam proses pemadaman oleh petugas.

Viral Pencuri BBM dari Truk Tangki saat Macet, Polisi Tingkatkan Patroli

"Kondisi lalin di lokasi kejadian terpantau padat, untuk sementara pengguna jalan tol diimbau menggunakan jalur alternatif, yaitu keluar melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Timur dan masuk lagi ke Jalan Tol Jakarta Cikampek melalui GT Karawang Barat," ujarnya.

Dwi mengungkapkan, kejadian ini bermula saat kendaraan pengangkut BBM dari arah Cikampek menuju Jakarta itu, mengalami pecah ban kanan belakang. Hal itu, menurut Heru, berdasarkan pengakuan sang sopir.

Kecelakaan Maut di Cibubur, Ini yang Bikin Truk Sering Rem Blong

Selanjutnya, pengemudi berhenti untuk mengecek, tapi tiba-tiba muncul api dan membakar ban serta menjalar ke seluruh badan kendaraan. Posisi akhir kendaraan normal di bahu jalan menghadap barat.

"Jasa Marga sekali lagi menegaskan, setiap pengguna jalan tol wajib memastikan kelayakan kendaraannya, mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta memastikan keandalan pengemudi," ujarnya.

Mobil tanki Pertamina terbakar di ruas Tol Belmera, Kota Medan

Truk Tangki Pengangkut BBM Terbakar di Tol Belmera, Pertamina Bilang Begini

Dalam insiden truk tangki pengangkut BBM 24 KL yang terbakar di Tol Belmera itu tak ada korban jiwa. Truk tangki itu mengangkut produk Pertalite dan Biosolar.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2023