Satu Bulan Berjalan, Bagaimana Imbas PKL Tanah Abang?

Sejumlah tenda pedagang kaki lima (PKL) berdiri di Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Galih Pradipta

VIVA – Satu bulan lalu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengubah wajah kawasan Tanah Abang di Jalan Jati Baru Raya, Jakarta Pusat, menjadi ramah pedagang dan pejalan kaki. Bagaimana kondisinya saat ini?

Gebrakan Baru Pasar Tanah Abang, Hadirkan Suasana Nyaman Berburu Baju ala Little Bangkok

Seperti diketahui, penataan Tanah Abang dilakukan dengan penutupan sementara di Jalan Jati Baru Raya yang berada di depan Stasiun Tanah Abang antara pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Perubahan itu mendapatkan tanggapan yang beragam dari masyarakat Jakarta. Ada yang setuju, ada pula yang menolak karena dinilai melanggar beberapa peraturan; salah satunya penggunaan trotoar yang masih menjadi tempat berjualan pedagang.

Kaleidoskop 2023: TikTok Shop Jadi Kambing Hitam Sepinya Pasar Tanah Abang

Sementara itu, menurut warga setempat, perubahan saat ini menyulitkan warga yang tinggal di Jati Baru untuk mengeluarkan kendaraan di kawasan tersebut karena ditutup akses jalan.

Pemerintah DKI Jakarta berpendapat, bahwa tindakannya ini sudah sesuai dengan aturan yang ada, dan Pemprov DKI juga terus mengevaluasi perkembangan Tanah Abang.

Pj Gubernur DKI Panggil Pengelola Bahas Nasib Pedagang Pasar Tanah Abang Besok

Tim VIVA pun merangkum pendapat masyarakat Jakarta mengenai perubahan Tanah Abang. Seperti apa jawaban mereka? Lihat di Suara Jakarta.

Pasar Tanah Abang

Gebrakan Baru Pasar Tanah Abang, Hadirkan “Little Bangkok” bagi Pelaku Jastip Raup Cuan Maksimal

Pasar Tanah Abang kini semakin mempertegas eksistensinya sebagai pusat grosir fashion terbesar di Indonesia dengan menghadirkan blok terbarunya diberi nama Little Bangkok

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024