Imbas Kebakaran, 150 Koleksi Museum Bahari Hangus

Menara Syahbandar, Museum Maritim Bahari, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Zabur Karuru

VIVA – Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Bahari Husnison Nizar mengatakan, ada sekitar 150 koleksi Museum Bahari yang terbakar, Selasa, 16 Januari 2018 lalu.

Pengawal Prabowo, Demo Sopir Angkot hingga Museum Bahari

"Yang terbakar sekitar 150-an koleksi," kata Sonni saat dihubungi di Jakarta, Senin 22 Januari 2018.

Pada umumnya koleksi yang terbakar berada di gedung C dan sebagian gedung A Museum Bahari. Sementara gedung B tidak terdampak sedikit pun dari peristiwa itu.

Museum Bahari Dibuka Kembali, Selasa 23 Januari 2018

"Ada 3 perahu asli. Puluhan miniatur perahu atau replika perahu, terus alat-alat navigasi laut, dua ruangan diorama. Rata-rata itu (koleksi yang terbakar)," ujarnya. 

Sonni mengatakan, sekitar 15 sampai 20 koleksi museum masih bisa diperbaiki dari total sekitar 150-an koleksi museum yang terbakar. Koleksi itu masih bisa diperbaiki karena bahannya merupakan besi. Sedangkan sisanya mengalami rusak total dan harus dibuat replikanya.

Pelajaran Penting dari Terbakarnya Museum Bahari

"Rencananya, ada beberapa koleksi yang terbakar itu bisa diperbaiki. Ada beberapa lah, yang terbuat dari besi bisa diperbaiki, dibersihkan, dicat lagi bisa jadi koleksi lagi," ujarnya.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di gedung C Museum Bahari, Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa pagi, 16 Januari 2018 lalu. (mus)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

Prabowo Bertarung Lagi

Tarung ulang Jokowi vs Prabowo di Pemilu Presiden bakal terjadi.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2018