Wiranto Tak Ingin TNI Ragu-ragu Tembak Teroris

Menko Polhukam Wiranto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyerukan agar prajurit TNI tak ragu-ragu menembak teroris dalam suatu operasi pemberantasan terorisme.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Pemerintah, kata Wiranto, berupaya memberikan landasan hukum bagi pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme melalui usulan revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Antiterorisme.

"Kalau tidak ditegaskan, nanti TNI melawan terorisme, saat menembaki teroris, nanti takut terkena tuduhan pelanggaran HAM lagi. Ini yang kita jaga. Kita amankan itu, sehingga aparat keamanan, termasuk TNI, tidak ragu-ragu melawan teroris itu," ujar Wiranto di Jakarta pada Rabu, 24 Januari 2018.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

Undang-Undang Antiterorisme itu, menurutnya, perlu direvisi mengingat teroris tidak mengacu pada pedoman apa pun dalam beraksi. Maka tindakan perlawanan yang dilakukan pemerintah juga seharusnya tidak kaku terbatasi aturan hingga membuat pemberantasannya tidak maksimal.

"Melawan terorisme harus total. Melawan terorisme tidak hanya kita serahkan kepada polisi atau tentara saja," ujar Wiranto.

Munarman Tertawakan Tuntutan 8 Tahun Penjara: Kurang Serius

Dia lantas menjelaskan, rencana perlawanan total terhadap terorisme itu tentu perlu dilindungi aturan perundang-undangan. Hal itulah menjadi alasan revisi mendesak guna mencegah serangan teror yang terjadi tanpa terdeteksi sebelumnya.

"Semua kekuatan nasional harus dilibatkan melawan terorisme. Tidak bisa sepotong-sepotong. Di sana (teroris) bebas beraksi, kok kita tidak," ujarnya.

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023