Mensos: Papua Perlu Pendampingan Penggunaan Dana Otsus

Kondisi Warga Asmat di Pedalaman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Menteri Sosial Idrus Marham menekankan Papua membutuhkan pendampingan terpadu dalam penggunaan dana otonomi khusus. Hal ini menyikapi terjadinya kejadian luar biasa (KLB) gizi buruk dan penyakit campak di Papua.

Ratusan Rumah, Kios dan Ruko di Asmat Ludes Terbakar

Idrus menyampaikan, pendampingan diperlukan supaya dana Rp8 triliun yang khusus dialokasikan pemerintah pusat untuk kawasan Papua, bisa digunakan dengan tepat untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di sana.

"Perlu ada pendampingan secara bersama-bersama di Gubernur, pemerintahan pusat dalam hal ini Kemendagri, untuk mencoba memastikan pengelolaan pendanaan ini betul-betul sesuai sasaran," ujar Idrus di kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Januari 2018.

Total Santunan Korban KM Sinar Bangun Capai Rp3 Miliar

Menurut dia, pendampingan diperlukan sehingga penggunaan dana tidak dilakukan secara umum seperti halnya terjadi di daerah-daerah lain. Idrus yang juga merupakan politikus Golkar ini berpendapat masyarakat Papua perlu mendapat perlakuan khusus karena menerima dana otonomi khusus dari pemerintah.

Kata dia, perlakuan khusus itu seperti penggunaan dana otonomi khusus dengan tepat sehingga masyarakat bisa memanen sagu dan talas yang merupakan makanan khas mereka, secara lebih baik.

Mensos Idrus Tawarkan Program Pengembangan 2 Juta Dai

"Kalau kita ingin membangun Asmat dan Papua dengan berpedoman pada ciri dan karakter, maka itu yang harus dikembangkan. Tidak boleh kita serta merta memaksakan cara kita di daerah lain," ujar Idrus.

Sejauh ini, dari data yang diterima Kementerian Sosial, sudah 71 korban meninggal akibat KLB campak dan gizi buruk di Asmat, Papua. Data ini masih sementara.

Pesona Karya Seni Suku Asmat

Zodiak yang Berpeluang Kaya Tahun Ini, 5 Suku Terkuat di Indonesia

Berikut rangkuman 5 deretan artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up edisi Rabu 23 Maret 2022.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2022