PAN Siap Beri Bantuan Hukum ke Zumi Zola

Ketua MPR yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan partainya menghormati proses hukum terhadap kadernya sekaligus Gubernur Jambi, Zumi Zola. Namun, bagi dia,  Zumi kader muda yang cemerlang.

KPK Jebloskan Adik Eks Gubernur Banten ke Lapas Sukamiskin

"Zumi Zola kita hormati proses hukum. Itu kader muda. Anak muda yang cemerlang. Saya yakin dia punya integritas," kata Zulkifli di Gedung DPR, Kamis 1 Februari 2018.

Zulkifli menambahkan, PAN juga akan memberikan bantuan hukum kepada Zumi. Dia juga menilai perlu ada yang dibenahi dalam sistem politik di Indonesia selama ini.

Dalami Kasus Suap Wali Kota Nonaktif Bekasi, KPK Panggil Dua Kadis

"Saya kira ini perlu perenungan bersama. Perlu kita benahi. Tentu. Kita akan bantu dia," ujar Zulkifli.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu mengaku sejauh ini belum berkomunikasi langsung dengan Zumi. Sementara, terkait kader mesti mundur bila menjadi terdakwa, ia menjawab pasti.

KPK Dalami Dugaan Keterlibatan DPRD Terkait Suap Wali Kota Bekasi

"Itu enggak usah ditulis, sudah pasti. Tapi kita hormati saja lah proses hukum," kata mantan Menteri Kehutanan ini.

Sebelumnya, KPK segera mengumumkan status hukum Zumi Zola dalam perkara dugaan suap pengesahan APBD Jambi. Diketahui, KPK telah membuka penyelidikan baru kasus itu. Dalam kasus dugaan suap tersebut, penyidik KPK juga sudah menggeledah rumah Zumi Zola.

"Hasil resminya segera kami umumkan beberapa hari ke depan," kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, di kantor KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Januari 2018.

Saat ini, Zumi Zola sudah dicegah bepergian ke luar negeri selama enam bulan. Surat pencegahan pada Zumi sudah disampaikan KPK kepada Direktorat Jenderal Imigrasi. (ren)

    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya