Delapan Kontainer Bawang Putih Ilegal Masuk Jakarta

Ilustrasi Impor bawang Putih.
Sumber :
  • Antara/ Saiful Bahri

VIVA – Pelaksana tugas Direktur Tertib Niaga Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono mengaku tengah menyelidiki temuan delapan kontainer bawang putih impor yang diduga ilegal.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

"Ditemukan adanya dugaan pelanggaran administrasi," kata  di Jakarta, Selasa, 6 Maret 2018.

Veri menjelaskan awalnya petugas Direktorat Niaga Kemendag mengawasi "post border" terhadap salah satu importir yang diduga melanggar aturan pengiriman bawang putih di Pasar Induk Kramatjati Jakarta Timur pada Jumat lalu.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Selanjutnya, petugas memeriksa Pemberitahuan Impor Barang (PIB) yang tercantum pengiriman bibit bawang putih namun importir itu ikut memasukkan bawang putih.

"Dari sana petugas mengamankan 250 karung bawang putih di Pasar Induk Kramatjati dari jumlah total pengiriman sebanyak delapan kontainer atau 13.000 karung," ujar Veri

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Veri menjelaskan, pihaknya masih menelusuri sisa barang bukti bawang putih tersebut lantaran telah tersebar pada sejumlah daerah seperti Medan Sumatera Utara dan Malang Jawa Timur.

"Kita upayakan penarikan semuanya agar tidak mengganggu masyarakat," ucap Veri.

Saat ini, Veri menegaskan Kemendag tidak mengatur impor benih dan belum mengeluarkan izin impor bawang putih. Namun petugas menemukan pola pengiriman bawang putih dengan modus izin bibit.

Veri menilai pengiriman bawang putih melalui impor bibit sebagai modus "nakal" yang dilakukan oknum importir agar meraup keuntungan. Importir itu menurut Veri berupaya mengelabui petugas dengan cara mencantumkan bibit pada PIB namun kenyataannya mengirimkan bawang putih kemudian menjual ke pasaran.

"Saat ini, kita sudah temukan salah satu importirnya," kata Veri.

Pelanggaran impor yang dilakukan ini sejatinya tak terkepas dari makin merangkan naiknya harga bawang putih di pasaran. Sejak minggu kedua Februari 2018, harga bawang putih sudah terasa meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya