Wakil Ketua KPK Sebut Ada Kasus Mirip E-KTP

Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA - Wakil Ketua KPK Laode M Syarief mengatakan, bahwa institusinya sedang melakukan penyidikan atas dugaan korupsi yang mirip-mirip kasus pengadaan proyek e-KTP. Namun, Laode tak mengungkapkan secara detail mengenai kasus tersebut.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

"Ada juga (kasus) yang canggih kayak e-KTP. Lagi sidik sekarang," kata Laode dalam kegiatan Penutupan Rakernis Bareskrim Polri 2018 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Kamis, 8 Maret 2018.

Laode menyebut, kasus e-KTP terbilang canggih bahkan hampir sempurna. Namun dikatakannya, tidak ada kejahatan yang sempurna.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Tidak ada kejahatan yang sempurna. E-KTP kalau kita lihat rancangan awalnya sempurna sekali. Tapi ada sisa-sisa kebajikan Tuhan. Kita dapati ada fee, disambung-sambung akhirnya kelihatan," kata Laode.

Menurut dia, salah satu petunjuk KPK dalam mengkonstruksi kejahatan korupsi e-KTP adalah dari Johannes Marliem. Namun, Laode tak mau jelaskan lebih detail soal kasus yang sedang disidiknya tersebut.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

"Yang Johannes Marliem, dia meninggalkan jejak di mana-mana," ujar Laode. (mus)

Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023