Kronologi Kecelakaan Minibus di Tanjakan Emen

Kondisi minibus yang kecelakaan di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Kecelakaan kembali terjadi di Tanjakan Emen, Cicenang, Kecamatan Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dan, terjadi di lokasi yang sama dengan kecelakaan maut bus pariwisata rombongan Koperasi Simpan Pinjam Permata Ciputat, Tangerang Selatan, yang terjadi pada pada Februari 2018.

Ratusan Peserta Meriahkan Pasundan Ride Bank BJB 2021

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Prahoro Tri Wahyono, kecelakaan terjadi pukul 12.00 WIB, Senin 12 Maret 2018. Kecelakaan menimpa sebuah minibus berpenumpang 12 orang.

Dari informasi sementara, kata Prahoro, bus jungkir balik setelah menghindari dari kendaraan lain. Bus tak terkendali dan menabrak tebing sisi kiri di lokasi. Akibat bus langsung jungkir balik.

Polisi Antisipasi Kecelakaan di Tanjakan Emen Saat Libur Akhir Tahun

Dugaan sementara, bus tak bisa dikendalikan akibat salah satu rem tak berfungsi.

"Fungsi rem di sebelah kiri enggak berfungsi, menghindar, kemudian menabrak yang kemarin itu dan terguling," ujar Prahoro.

Banyak Nyawa Melayang, Tanjakan Emen Bakal Diubah

Baca: Video Mengerikan Kecelakaan Minibus di Tanjakan Emen

Prahoro mengatakan, belum diketahui jumlah korban luka dan tewas dalam kecelakaan ini. Sejauh ini, Polda Jabar sudah mengirimkan tim ke lokasi kecelakaan.

"Kita lagi cek ke TKP (tempat kejadian perkara) untuk kepastiannya gimana. Karena, berita di lapangan masih simpang siur, ada (yang bilang) meninggal dunia, luka berat," katanya.

Sebelumnya, insiden kecelakaan maut ini terjadi pada Sabtu sore, 10 Februari 2018. Pada saat itu, bus pariwisata yang membawa rombongan wisatawan Koperasi Simpan Pinjam Permata Ciputat, Tangerang Selatan melaju dari arah Bandung ke Subang.

Saat di tanjakan Emen, bus melaju tak terkendali hingga menabrak sepeda motor bernomor polisi T 4382 MM. Bus lantas menabrak tebing sebelah kiri jalan hingga terguling di bahu jalan. Akibat kejadian ini, sebanyak 27 orang tewas dan lainnya mengalami luka.

Baca: Lagi-lagi Kecelakaan di Tanjakan Emen, Korban Bergelimpangan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya