Pesan Nyepi, Menag Berharap Semua Umat Saling Menghargai

Umat Hindu di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA – Satu hari menjelang hari raya Nyepi, ribuan umat hindu di Yogyakarta dan sekitarnya menggelar ritual keagamaan Tawur Agung Kesanga yang berlangsung di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta,  Jumat 16 Maret 2018.

Makna Mendalam di Balik Perayaan Hari Raya Nyepi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang turut hadir dalam ritual agama hindu Tawur Agung Kesanga mengatakan, perayaan Nyepi bagi umat Hindu merupakan momentum untuk mawas diri, kontemplasi dan merenungkan apa yang telah diperbuat dan ke depannya untuk meningkatkan kualitas kesadaran sebagai manusia yang menjalankan agamanya.

"Tawur Agung Kesanga adalah bagian ritual dari umat Hindu dan tentunya untuk Indonesia yang beragam ini, masing-masing saling menghormati," ujarnya.

20 Ucapan Indah untuk Merayakan Hari Raya Nyepi

Politisi PPP ini berharap, umat Hindu di Indonesia yang akan menjalani perayaan Nyepi dengan menghentikan aktivitas keseharian atau melakukan Catur Brata berjalan dengan lancar namun juga tidak menuntut yang berlebihan karena Indonesia sangat beragam termasuk agamanya.

"Jangan menuntut yang berlebihan namun di pihak lain juga tidak menuntut hal yang sama dan jika itu dilakukan maka akan tercipta rasa saling menghargai dan menghormati antarumat beragama." (mus)

Hari Raya Nyepi 2024, Pemprov Bali Matikan Layanan Data Seluler dan IPTV
Ilustrasi: Umat Hindu bersiap merayakan Hari Raya Nyepi

4 Larangan Umat Hindu di Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi yang dirayakan umat Hindu bukan hanya sebuah perayaan pergantian tahun. Ini momen filosofis dan spiritual yang mendalam. Berikut larangan-larangannya

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024