Kawasan Pengasingan Bung Hatta di Boven Digoel Bakal Dipugar

Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono di Merauke.
Sumber :
  • VIVA/Raden Jihad Akbar

VIVA – Tempat pengasingan Bung Hatta dan beberapa tokoh Indonesia yang terletak di Boven Digoel, Papua, akan dipugar dan didesain ulang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Helikopter Airfast Kecelakaan di Yahukimo, Ini Lokasi Persisnya

Hal itu dilakukan agar situs sejarah tersebut bisa tertata rapi dan menjadi daya tarik pariwisata di daerah tersebut. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pemugaran tidak hanya dilakukan pada penjara tempat Bung Hatta ditempatkan tapi seluruh kawasan situs tersebut. "Situs Bung Hatta saya akan segera desainkan. Tidak hanya penjaranya tapi kawasannya kami tata," ujarnya di Boven Digoel, Jumat, 16 Maret 2018.

Sumpah Bung Hatta yang Tak Pernah Injakan Kaki ke Singapura

Dia pun meminta pemerintah daerah setempat untuk bekerja sama dengan baik untuk mewujudkan rencana ini. Khususnya terkait dengan pembebasan lahan di kawasan tersebut. 

Terlebih lagi saat ini, berdasarkan pantauan VIVA, situs bersejarah yang berdekatan dengan kantor Kepolisian dan Bandara setempat itu, masih banyak berdiri rumah-rumah warga di sekitarnya. 

Konsep Koperasi Bung Hatta Ingin Dihidupkan Lagi Demi Ekonomi Rakyat

"Akan ada pembebasan lahan. Nah saya kira itu (tanggung jawab) pak bupati," ujarnya. 

Helikopter milik Airfast PK-ODB yang mengalami musibah di sekitar wilayah Kabupaten Yahukimo, Papua, Kamis, 30 Desember 2021.

Kru dan Penumpang Helikopter Airfast Dievakuasi ke Boven Digoel

Tim SAR selesai mengevakuasi empat orang kru dan penumpang helikopter milik PT Airfast yang sempat dilaporkan hilang kontak ke Tanah Merah, ibu kota Boven Digoel.

img_title
VIVA.co.id
31 Desember 2021