Begini Kondisi Terbaru Warga Suku Asmat Papua

Kondisi warga Asmat di pedalaman Papua yang terserang wabah penyakit
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan, kondisi masyarakat Asmat, Papua yang terkena gizi buruk kini sudah semakin membaik. Hal itu berkat adanya kerjasama antara lembaga negara.

Zodiak yang Berpeluang Kaya Tahun Ini, 5 Suku Terkuat di Indonesia

"Masyarakat yang terjangkit campak dan gizi buruk ini teratasi. Air sudah ditangani dengan baik," kata Idrus di Jakarta, Minggu, 25 Maret 2018.

Idrus menjelaskan, gizi buruk di Asmat juga menjadi ujian pertama bagi Idrus dan Jenderal (Purn.) Moeldoko, yang juga baru dilantik sebagai Kepala Staf Presiden (KSP).

Pelantikan KNPI Sumbar, Idrus Minta Pemuda Berani Hadapi Persaingan

Idrus mengaku sudah mendatangi Asmat dengan Moeldoko untuk melihat langsung kondisi masyarakat di sana.

Setelah berkunjung ke Asmat, pemantauan masih terus dilakukan. "Minggu lalu saya ke tempat Pak Moeldoko dan Mbak Puan, semua kita Menteri enak komunikasinya. Sangat intensif. Sudah tidak ada ego sektoral. Semua program itu harus jalan," kata Idrus.

Temui Idrus Marham, Pengurus KNPI Bahas Soal Amandemen UUD 1945

Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto menilai bahwa koordinasi antar lembaga terkait kasus Asmat, Papua cukup baik sehingga masalah yang dihadapi bisa terselesaikan dengan baik.

"Kasus Asmat itu kan langsung dibentuk suatu tim khusus, nah kita lihat cukup baik dalam penanganannya," kata Agus.

Senada dengan Agus, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI,Saleh Partaonan Daulay juga mengakui jika sikap dan respons pemerintah dalam menangani masalah sosial seperti yang terjadi di Asmat, Papua sangat baik.

"Sikap yang dilakukan pemerintah terhadap masalah di Asmat itu sangat baik, begitu terjadi langsung respon. Jadi, respon pemerintah dalam hal ini cukup cepat lah," ujar Saleh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya