Logo BBC

Narkoba di Indonesia, Mengapa Tembak di Tempat Tak Efektif

 - BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Amnesty International menyatakan sepanjang tahun 2017, polisi Indonesia menembak mati di tempat 98 terduga pengedar narkoba, naik tajam dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 18 orang.

Organisasi pegiat hak asasi itu juga mendesak pemerintah agar segera melakukan penyelidikan terhadap tindakan yang seharusnya menjadi pilihan aksi terakhir petugas.

"Ini salah satu bentuk dugaan pembunuhan di luar hukum dan tentunya kami meminta agar adanya investigasi... secara aturan itu polisi dibenarkan dalam hal membela diri, tapi kami melihat yang tadinya mungkin bisa jadi diinterpretasikan oleh aparat di bawahnya itu sebagai perintah," kata Haeril Halim, dari bagian komunikasi Amnesty International Indonesia.

BBC Indonesia menghubungi Amnesty International sejalan dengan peluncuran laporan tahunannya tentang Hukuman Mati dan Eksekusi Global, Kamis (12/04).

Dalam laporan itu, AI mencatat pada tahun 2016 di Indonesia, hukuman mati dijatuhkan pada 60 lebih terpidana dengan hanya empat eksekusi sedangkan tahun 2017 jumlah yang dipidana hukuman mati menurun menjadi 47 namun tanpa pelaksanaan eksekusi.

Namun Amnesty International Indonesia, kepada BBC, di balik angka itu terjadi peningkatan tembak mati di tempat yang meningkat tajam.

Aksi petugas yang menjadi bagian dari Badan Narkotika Nasional (BNN) ini kemungkinan besar didasarkan pernyataan Presiden Joko Widodo pada bulan Juli 2017 yang mendesak kebijakan lebih tegas dalam menangani kejahatan terkait narkoba.