Kronologi Penangkapan Bos Miras Pembunuh 89 Orang

Adik dari korban minuman keras (miras) oplosan menangis di rumah duka
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Polisi telah meringkus bos pabrik minuman keras oplosan yang menewaskan puluhan orang di Jawa Barat dan DKI Jakarta.

3 Warga Tasikmalaya Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan

Bos pabrik itu bernama Samsudin Simbolon, Dia diringkus polisi ditangkap di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Alhamdulillah, betul sudah ditangkap di daerah Musi Banyuasin tadi sekitar pukul 5.00 WIB subuh," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Umar Surya Fana, saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu 18 April 2018.

Pesta Miras Oplosan Etanol Renggut Nyawa 4 Orang, Pengoplos Uji Rasa Buat Usaha Miras

Menurut Umar, untuk menangkap Samsudin, bukan pekerjaan yang mudah. Karena, polisi membutuhkan waktu cukup malam untuk melacak pelariannya dari Cicalengka, Jawa Barat.

Bungker ditemukan di bawah gazebo di rumah tersangka miras oplosan di Cicalengka

3 Mahasiswa Narotama Surabaya Tewas Diduga usai Pesta Miras

Selain itu, selama dalam pelarian, pria yang menyebabkan seratusan orang kritis dan 89 orang tewas, terus berpindah-pindah tempat.

Bahkan, saat diringkus, polisi menemukan Samsudin di tempat persembunyian keempat. Sebelumnya, polisi menggerebek tiga lokasi, tetapi Samsudin berhasil lolos.

"Baru di tempat keempat berhasil kami tangkap. Tidak ada perlawanan. Dia langsung menyerah," kata Umar.

Seperti diketahui, dari catatan Mabes Polri, miras oplosan yang diproduksi Samsudin, tak hanya diedarkan di Jawa Barat, tapi hingga ke Jakarta.

Terdata, dari 89 korban tewas, 31 di antaranya merupakan warga Jakarta. Sementara itu, sisanya merupakan warga beberapa kota dan kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya