Puluhan TKA Ditemukan Jadi Buruh Kasar di Tangerang

Inspeksi mendadak (sidak) di PT SMS Steel di wilayah Tigaraksa, Tangerang.
Sumber :
  • Sherly/ Tangerang

VIVA – Imigrasi Klas 1 Tangerang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di PT SMS Steel, perusahaan yang bergerak di bidang peleburan baja di wilayah Tigaraksa, Tangerang, Selasa, 8 Mei 2018.

Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang

Dalam kegiatan sidak ini, ditemukan 42 tenaga kerja asing yang berasal dari China sebagai tenaga ahli maupun tenaga kasar.

"Kami temukan para TKA ini yang bekerja baik bidang tenaga ahli atau kasar, untuk yang ahli pun sebetulnya dalam pemeriksaan kami. Pekerjaan yang mereka lakukan bisa dikerjakan oleh tenaga dari Indonesia dan ada juga yang kasar di peleburan," kata Kepala Kantor Imigrasi Klas 1 Tangerang, Herman Lukman.

Prihatin Tambang Ilegal Marak, Cak Imin: Tambang yang Legal Saja Tak Bawa Kesejahteraan

Inspeksi mendadak (sidak) di PT. SMS Steel di wilayah Tigaraksa, Tangerang.

Dari 42 tenaga asing, didapati tujuh di antaranya tidak memiliki dokumen lengkap atau ketiadaan paspor. Tujuh tenaga kerja asing itu diamankan untuk proses lebih lanjut. Dalam pemeriksaan, para WNA juga kesulitan berbahasa Indonesia ataupun Inggris.

Gerindra: Prabowo-Gibran Tidak Anti Tenaga Kerja Asing

Sebelum adanya pemeriksaan, sempat terjadi aksi protes pihak perusahaan, lantaran tidak mengizinkan tim imigrasi untuk melakukan pemeriksaan di perusahaan tersebut.

"Tadi sempat kesulitan untuk masuk, namun akhirnya bisa. Meski para TKA itu juga banyak yang bersembunyi terutama di bagian peleburan," ungkap Herman.

Forum on “Expansion of Job Opportunities in Japan for Indonesia Resources”

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Kemnaker mengajak pemberi kerja Jepang untuk berinvestasi dalam memberikan pelatihan bahasa Jepang bagi kandidat SSW Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024