Presiden Jokowi Tertarik Satuan Khusus TNI Tanggulangi Teror

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Presiden Joko Widodo tertarik melibatkan tim pasukan khusus TNI, Satuan Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) dalam penanggulangan terorisme. 

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Hal itu dikemukakan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko  di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 11 Mei 2018.

Menurut Moeldoko, tim yang selalu berada dalam status operasi itu dinilai tepat untuk secara cepat menanggulangi teror. "Saya kemarin diskusi dengan presiden, saya sampaikan apa yang akan dilakukan ini, dan beliau sangat tertarik, sangat mungkin ada (melibatkan Koopssusgab dalam penanggulangan teror)," ujarnya.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

Moeldoko menyampaikan, Koopssusgab dibentuk pada 2015 saat ia menjabat Panglima TNI. Pasukan khusus itu terdiri dari para prajurit terbaik dari tiga satuan elit di masing-masing matra TNI, yaitu Densus 81 AD, Denjaka AL serta Denbravo AU. "Pembentukan organisasi itu dalam situasi global yang seperti saat ini, sungguh diperlukan," ujar Moeldoko.

Menurut Moeldoko, pasukan selalu siaga di pos operasi mereka. Sambil mengantisipasi tindakan teror, mereka senantiasa melakukan pemetaan situasi-situasi kerawanan di seluruh Indonesia. Penerjunan ke lapangan akan dapat dilakukan secepat mungkin jika tindakan teror memang terjadi.

Munarman Tertawakan Tuntutan 8 Tahun Penjara: Kurang Serius

"Misalnya ada kejadian di Bali, kami proyeksikan prajurit-prajurit itu ke sana supaya dengan mudah bisa mengatasi situasi. Demikian juga di tempat lain. Pasukan-pasukan ini disiapkan supaya dalam tempo yang secepat-cepatnya bisa digeser," ujar Moeldoko.

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023