Negara Peserta Asian Games Mulai Pertanyakan Keamanan RI

Parade Asian Games 2018 di Jalan MH Thamrin, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Beragam aksi bom di Tanah Air, semenjak bom bunuh diri di tiga gereja Surabaya pada Minggu 13 Mei 2018 hingfa kini, mengganggu situasi keamanan dalam negeri.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Banyak hajatan besar dan berlevel internasional yang akan digelar di Indonesia, dalam waktu dekat. Seperti pertemuan IMF di Bali maupun Asian Games pada Agustus 2018 nanti.

Menyangkut Asian Games, Menpora Imam Nahrawi mengakui, kondisi keamanan Tanah Air saat ini membuat negara-negara peserta bertanya-tanya. Bahkan Imam mengatakan, pihaknya maupun Inasgoc, sudah menjelaskan ke negara-negara peserta.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Ya tentu pertanyaan pasti. Pasti wajar pertanyaan muncul. Tapi kami jawab bahwa Asian Games masih tiga bulan," kata Imam, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 16 Mei 2018.

Faktor keamanan dijamin akan baik, juga karena mulai besok sudah memasuki bulan Ramadan. Imam yakin, semua akan menghormati itu dan situasi dalam negeri bisa kembali aman.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Orang yang beragama pasti menghormati semua apalagi ini jadi hajat Asia. Dan kita menghormati setiap tamu yang datang dari negara manapun, Arab Saudi, Yaman, Afghanistan, Pakistan, akan kita terima dengan baik. dan kita harus menyiapkan itu dengan baik," ujarnya.

Siapa saja negara peserta yang menanyakan kondisi keamanan Indonesia, Imam tidak menyebutkannya. "Ada beberapa, tapi semua sudah dijelaskan. Baik oleh kementerian maupun oleh Inasgoc," katanya.

Dengan situasi keamanan saat ini, Imam memastikan pelaksanaan Asian Games tetap dilaksanakan. Tidak akan mundur, hanya karena aksi tersebut.

"Harus tetap berjalan dalam kondisi apapun. Tidak boleh mundur sejengkal pun," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya