Awas, Hujan Abu Akan Guyur Sekitar Gunung Merapi

Letusan Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA - Hujan abu akan terjadi di sekitar Gunung Merapi, Yogyakarta, usai terjadinya lagi letusan freatik Senin dini hari tadi, 21 Mei 2018, pukul 01.25 WIB. Kepala Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan letusan kecil berlangsung 19 menit dan terpantau setinggi 700 meter dari Pos Babadan.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

"Masyarakat untuk tidak panik dan beraktivitas seperti biasa, serta mengantisipasi hujan abu di sekitar Merapi," ujar Sutopo melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA pada Senin, 21 Mei 2018.

Menurut Sutopo, aktivitas ini masih membuat status Merapi normal atau level I. Saat ini, hujan abu tipis sudah terpantau di kawasan Kemiren dan Kaliurang Srumbung yang jauh dari permukiman.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Sutopo menyampaikan bahwa meningkatnya aktivitas Merapi belakangan masih membuat gunung tersebut tertutup untuk pendakian, kecuali guna kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana. Sementara, masyarakat di sekitar Merapi terus diminta waspada.

"Merapi saat ini rawan terjadi longsor sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan pendaki. Saat ini hujan juga masih terjadi di seputar Gunung Merapi, untuk itu masyarakat perlu menjaga kewaspadaan terhadap ancaman bahaya lahar," ujar Sutopo.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral
Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024