Gempa 4,8 SR Guncang Selatan Bali dan Lombok

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter mengguncang wilayah selatan Bali dan Lombok pada pukul 18.01 Wita. Gempa tersebut tak berpotensi tsunami. 

Pantai Kuta Bali Telah Diguncang 5 Gempa Beruntun

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), Daryono, mengungkapkan, gempa terletak pada koordinat 9,02 LS-115,63 BT, tepatnya di Samudera Hindia pada jarak 33 kilometer arah tenggara Klungkung pada kedalaman 91 kilometer. 

"Dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di wilayah selatan Bali seperti Denpasar, Kuta, Gianyar, Klungkung, dan Mataram dalam skala intensitas III MMI, sedangkan Karangasem dan Jimbaran II MMI," ujar Daryono dikutip dari keterangan resminya, Selasa 22 Mei 2018.

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Bali, Tak Berpotensi Tsunami

Dia menjelaskan, gempa ini terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia. Gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi menengah di Zona Benioff, yaitu lajur lempeng tektonik yang sudah mulai menukik. 

"Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Kepada warga di pesisir selatan Bali dan Lombok diimbau agar tetap tenang," tambahnya.

Bali Diguncang Gempa Bumi 5,2 SR
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut: Aplikasi Info BMKG Dukung Suksesnya G20

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berharap aplikasi terbaru BMKG, yakni Info BMKG G20 akurat dan mudah dipakai

img_title
VIVA.co.id
7 November 2022