Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Bali, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Pulau Bali diguncang gempa bumi, Kamis, 19 Maret 2020 pukul 01.45.38 Wita. Gempa tektonik tersebut mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara. 

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono menuturkan, dari hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo M=6,6 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M=6,3.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 11.4 LS dan 115.04 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 305 kilometer arah selatan Kota Denpasar pada kedalaman 55 kilometer," tutur Rahmat, Kamis, 19 Maret 2020.

Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," ujarnya.

Sementara dampak gempa bumi ini dirasakan di Denpasar, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, Kota Mataram IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Kemudian, Kuta, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Dompu, Lombok Utara III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu).  "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya. 

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, I Made Rentin menuturkan, meski gempa dirasakan cukup keras di seluruh wilayah Bali, namun belum ada laporan kerusakan. "Belum ada laporan kerusakan," katanya. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024