Kecepatan di Tol Pemalang-Batang Dibatasi 40 Km per Jam

Pintu Masuk Tol Brebes-Batang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Kecepatan di ruas jalan Tol Pemalang - Batang yang baru dioperasikan untuk musim mudik Lebaran tahun 2018 ini dibatasi maksimal 40 kilometer per jam. Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Herry Trisaputra Zuna, hal itu dilakukan untuk mencegah kecelakaan di ruas jalan yang untuk pertama kalinya dioperasikan.

Perbaikan Tol Trans Sumatera Rampung, KSP: Mudik Lebaran jadi Nyaman

"Selain itu, petugas juga disiagakan di sejumlah titik. Untuk kecepatannya, memang dibatasi hingga 40 kilometer per jam saja," ujar Herry kepada VIVA, Minggu, 27 Mei 2018.

Herry menyampaikan, karena baru dioperasikan juga, ruas sepanjang 39,20 kilometer itu untuk sementara baru dilengkapi rambu, pembatas, hingga marka-marka yang beberapa di antaranya tidak permanen. Herry mengimbau pemudik yang akan melintasi ruas itu nanti untuk senantiasa menjaga keselamatan.

Catat, Ini Jadwal Penjualan Tiket Kereta Api Periode Idul Fitri 2022

Ada dua tempat peristirahatan atau rest area khusus yang masing-masing berjarak dua kilometer untuk para pemudik yang melintasi ruas ini.

"Rest areanya ada dua. Tapi semestinya jumlah itu sudah cukup karena di ruas-ruas lainnya (sebelum memasuki ruas Pemalang - Batang) juga sudah ada rest area," ujar Herry.

Mudik ke Solo, Jokowi Peringati Gibran Setahun Jadi Wali Kota Solo?

Ruas jalan tol fungsional Pemalang - Batang yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa yang diresmikan pembangunannya oleh Presiden Joko Widodo pada 17 Juni 2016. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR saat ini sedang dalam tahap finalisasi pembangunan. Tahapan yang berupa pengaspalan serta pengerasan itu ditargetkan tuntas pada H-10 Lebaran.

Pemudik. Foto: dokumen pribadi

Mudik di Desa Penari

Mudik dan urbanisasi menjadi bagian dari rangkaian lebaran. Keduanya mempunyai dampak yang tak terelakan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2022