JK: Siapa Kuasai Ekonomi, Bisa Kuasai Politik

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA / Fajar GM

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta jiwa dagang di kalangan umat Islam ditingkatkan. Menurut dia, saat ini tidak banyak organisasi Islam yang bergerak mengembangkan jiwa dagang umat Islam.

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

"Sedangkan saya ingatkan bahwa kita umat Islam luar biasa di mana-mana maju, pendidikan alhamdulillah. Di pemerintahan, legislatif, eksekutif. Yang paling kurang ialah semangat dagang," kata JK di kegiatan buka bersama Syarikat Islam di Wisma Antara, Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.

"Bahwa kalau organisasi Islam bergerak di bidang politik banyak, partai banyak. Bergerak di bidang sosial lainnya banyak. Yang bergerak mengembangkan jiwa dagang umat Islam tidak terlalu banyak," ucap dia.

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

JK menilai, jiwa dagang berasal dari kemauan yang dalam. Sehingga menurutnya langkah memperbaiki ekonomi adalah bukan dengan modal tetapi mendorong jiwa wirausaha.

"Modal bisa diperoleh, skill bisa dipelajari," ujar JK.

Pandemi COVID-19 di Indonesia Membaik, Masyarakat Diminta Tetap Prokes

Menurut dia, jika perekonomian Islam sudah kuat, maka politik pun bisa mendekat. Dia menilai politik bisa digenggam oleh pihak yang bisa menguasai perekonomian.

"Siapa yang menguasai ekonomi itu bisa kemudian menguasai politik," kata JK. (ase)

Mantan Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

JK mengingatkan untuk berhati-hati terhadap wacana penundaan Pemilu 2024. Konstitusi sudah mengamanatkan Pemilu digelar lima tahun sekali.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022