Lama Menjomblo, Lima Satwa KBS Cari Jodoh

Kumpulan kera koleksi Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Lima jenis satwa Kebun Binatang Surabaya atau KBS telah lama tak memilki pasangan, alias jomblo. Akibatnya, perkembangbiakan lima binatang tanpa pasangan itu terhambat. Koleksi satwa jenis mereka di KBS pun terancam kosong.

Dugaan Penyebab Kematian Gajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya

"Ada lima yang jomblo, Jerapah, Kapucin, Zebra, Gnu," kata Direktur Utama KBS, Khairul Anwar,  Minggu malam, 10 Juni 2018. 

Kini, lima satwa jomblo itu dipisahkan dalam kandang terpisah. Dia tak menyebut sudah berapa lama lima satwa tersebut menjoblo. 

Kematian Gajah Dumbo Masih Misterius, Organ Dibawa ke Laboratorium

Khairul mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kehutanan dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Selain itu, pihaknya juga koordinasi dengan Persatuan Kebun Binatang Se Indonesia atau PKBSI. "Karena, biasanya PKBS ada program tukar-menukar satwa," ujarnya.

Dari program tukar menukar satwa itu diharapkan solusi pengembangbiakan bagi satwa jomblo di KBS bisa teratasi. "Satwa-satwa yang dalam posisi jomblo sudah didaftar dan mereka masih mendata satwa-satwa untuk diberikan kepada kita (lalu dipasangkan dengan satwa jomblo)," ujar Khairul. 

Alasan Ariel NOAH Masih Betah Jomblo

Khairul mengatakan, satwa yang akan dipasangkan kepada satwa KBS yang jomblo diharapkan adalah yang masih dalam usia tidak terlalu tua. "Karena pengalaman hampir sepuluh tahun lalu, binatang yang dikirim ke sini rata-rata usia tua, enggak produktif, kalaupun produktif sebentar. Akhirnya, pada saat mereka dikumpulkan tidak seluruhnya langsung klik," ujarnya.

Padahal, lanjut Khairul, mengumpulkan pasangan satwa memerlukan waktu untuk beradaptasi sebelum akhirnya klik dan membuahkan janin. "Ada proses adaptasi. Karena, adaptasinya lama, akhirnya mereka ketika klik produktivitasnya menurun. Itu sebabnya, kenapa jomblonya satwa di sini lama," ujarnya.

Blibli.

E-Commerce Ini Siapkan Pasangan untuk Mereka yang Masih Jomblo

E-commerce milik Grup Djarum, Blibli, membuka kesempatan untuk makan malam bareng Anya Geraldine atau Boy William bagi mereka yang jomblo atau belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
13 Februari 2022