Kematian Gajah Dumbo Masih Misterius, Organ Dibawa ke Laboratorium

Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Sumber :

VIVA – Penyebab kematian gajah muda bernama Dumbo di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur, masih jadi tanda tanya hingga sekarang. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pun turun tangan untuk ikut melakukan autopsi, guna mengetahui penyebab pasti kematian gajah yang diberi nama oleh Tri Rismaharini alias Risma saat menjadi Wali Kota Surabaya itu.

Aviary Park Indonesia, Kebun Binatang Mini Resmi Dibuka di Tangerang Selatan

Plh Kepala BKSDA Jawa Timur Hartojo menjelaskan, hingga saat ini autopsi masih dilakukan dan hasilnya diperkirakan keluar pada Kamis, 23 Desember 2021 mendatang. 

Ia mengatakan, pemeriksaan terhadap kematian gajah Dumbo dilakukan bersama dengan Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), dan Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI).

Gandeng Taman Safari, Bobby Nasution Bakal Revitalisasi Medan Zoo

Perwakilan dari beberapa instansi itu datang hari ini untuk kepentingan itu, juga untuk melakukan evaluasi pemeliharaan hewan di KBS setelah kematian Dumbo. "Melakukan evaluasi pengelolaan kesehatan satwa di KBS. Nanti menunggu hasil tim evaluasi dulu," ujar Hartojo dalam keterangan tertulis, Senin, 20 Desember 2021.

Tri Rismaharini jenguk bayi gajah di Kebun Binatang Surabaya

Photo :
  • VIVA/ Nur Faishal/ Surabaya
Pevita Pearce Akhirnya Bertemu 'Kembaran', Seorang Petugas Kebun Binatang yang Sempt Viral

Humas KBS Agus Supangkat sebelumnya menjelaskan, untuk kepentingan autopsi, sejumlah organ tubuh Dumbo sudah dibawa ke laboratorium. Namun, dia enggan membeberkan organ apa saja yang dibawa ke laboratorium dan gejala Dumbo sebelum mati.

"Sementara yang bisa saya sampaikan KBS akan memberikan rilis resmi berkaitan kematian Dumbo. Jadi menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dan hasil autopsi. Akan kita jelaskan nanti waktu rilis resmi, biar komplet tidak terpotong-potong," katanya.

Diberitakan sebelumnya, seekor gajah bernama Dumbo usia dua tahun enam bulan koleksi KBS ditemukan mati. “Iya, [gajah Dumbo] mati,” kata HRD KBS Rika Lidyasanti kepada wartawan pada Jumat, 17 Desember 2021.

Dumbo adalah anakan kedua dari induk Gajah Sumatera bernama Lembang (49), hasil perkawinan dengan gajah jantan bernama Doa (54). Dumbo lahir secara normal dengan berat 112 kilogram dan tinggi badan 88 sentimeter dengan lingkar dada 118 sentimeter pada 2019 lalu. Saat baru lahir, Juli 2019 lalu, Risma kemudian memberikan nama gajah itu dengan Dumbo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya