Wakapolri: Puncak Balik Lebaran Terbagi Tiga Gelombang

Wakapolri Komjen Syafruddin memantau arus balik lebaran 2018 di Bandara Soeta.
Sumber :
  • Sherly/ Tangerang

VIVA – Wakapolri Komjen Pol Syafruddin melakukan pengecekan arus balik mudik Lebaran 2018 di Terminal 1, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu, 20 Juni 2018.

422 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta di H+6 Lebaran

Menurutnya, arus balik 2018 kali ini akan berbeda tren dengan tahun lalu. Ia memprediksi, puncak arus mudik akan terbagi menjadi tiga gelombang dengan beberapa persentase pemudik yang akan kembali menuju Jakarta.

"Kami mencatat melalui laporan yang diterima sudah 50 persen pemudik yang kembali menuju Jakarta pada kemarin di puncak arus balik gelombang pertama. Nantinya, kami prediksi akan terjadi lagi pada hari ini dan di hari Sabtu 23 Juni 2018," katanya di Bandara Soetta.

Cara yang Dilakukan Polda Jatim Cegah Warga Balik ke Jakarta

Untuk gelombang kedua yang jatuh pada malam ini akan ada sekitar 20 sampai 30 persen yang akan kembali ke Jakarta, sedangkan sisanya pada Sabtu malam nanti baik melalui jalur udara, laut dan darat.

"Arus balik yang seperti ini terjadi karena beberapa faktor baik itu karena perpanjang libur lebaran, infrastruktur yang sudah memadai dan juga penyediaan transportasi umum yang sudah lebih baik," ujarnya.  

Arus Balik, Masih Seratus Ribu Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta

Syafruddin juga meminta agar pihak keamanan terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk mengamankan dan memperlancar arus balik mengingat, nantinya pucak arus mudik akan terbagi menjadi tiga gelombang.

Tol Cikampek Utama

Usai Libur 17 Agustus, Arus Balik di Tol Jakarta Cikampek Ramai Lancar

Banyak kendaraan pribadi memilih lewat jalan tol layang.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2020