Anggaran Pilkada di Daerah Belum Cair 100 Persen

Menko Polhukam, Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA – Anggaran pelaksanaan pilkada serentak 2018 di 171 daerah belum seluruhnya cair serta disalurkan ke sejumlah daerah yang harus menerimanya pada Jumat, 22 Juni 2018 atau lima hari sebelum perhelatan itu digelar.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjanjikan anggaran akan cair sepenuhnya saat pilkada digelar pada Rabu, 27 Juni 2018.

"Memang masih ada beberapa daerah yang anggarannya belum sampai, tapi hanya sedikit. Dan tadi kita telah berhitung bahwa pada saat pemilu (Pilkada) diselenggarakan, semua anggaran sudah dapat sampai ke alamat penyelenggara," ujar Wiranto usai Rapat Koordinasi Khusus di Kementerian Bidang Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Juni 2018.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Selain itu, mantan Panglima ABRI ini menyampaikan, pemerintah juga menemukan logistik pilkada untuk sejumlah daerah, seperti kotak surat suara, rusak saat tiba di daerah yang menerimanya.

Karena itu, tindakan penanggulangan segera dilakukan dengan produksi ulang secepatnya, kemudian dikirimkan sehingga sudah siap sebelum pilkada diselenggarakan.

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

"Sudah dihitung bahwa pada saatnya nanti, logistik sudah sampai ke alamat, sehingga tidak akan mengganggu pelaksanaan pemilu itu," ujar Wiranto.

Menurut Wiranto, aspek lain yang dibahas salah satunya adalah sistem teknologi informasi untuk pilkada itu. Sistem yang diterapkan KPU sepenuhnya buatan dalam negeri serta dijalankan dan diawasi pula oleh sumber daya manusia Indonesia.

"Putra-putri kita, dari berbagai perguruan tinggi, menyumbangkan keahliannya dan telah melakukan satu penyelenggaraan sistem IT yang sangat akurat, yang kita harapkan tidak ada masalah," ujar Wiranto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya