Keluarga Korban KM Sinar Bangun Bisa Coblos di TPS Tigaras

Petugas Dalam Pencarian KM Sinar Bangun di Danau Toba
Sumber :
  • REUTERS/Beawirtha

VIVA – Komisi Pemilu Umum Daerah Simalung memberikan kemudahan untuk keluarga korban Kapal Motor Sinar Bangun, yang masih menunggu di Posko Terpadu untuk menggunakan hak suaranya pada gelaran Pilkada Seretak pada 27 Juni mendatang.

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

Mereka bisa mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Tigaras, Kecamatan Dolok Perdamaian, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Tigaras, Heni Sinaga mengakui, sudah mengumumkan dan mensosialisasi kebijakan tersebut. Khususnya, kepada seluruh keluarga KM Sinar Bangun.

Cegah Tragedi KM Sinar Bangun, Lima Repeater Ditempatkan di Danau Toba

"Kami mendapatkan instruksi dari teman-teman PPK (Panitia Pemilu Kecematan) di KPU Simalung mengajukan kepada kami selaku PPS untuk keluarga korban di luar daerah ini, untuk memfasilitasi hak pilih suaranya. Kami di TPS 1 Tigaras ini," ucap Heni kepada wartawan di Tigaras, Senin 25 Juni 2018.

Heni mengatakan, pihaknya menggandeng Kepolisian dalam melakukan sosialisasi. Termasuk, melakukan pendataan keluarga korban yang ada di Posko Terpadu Kecelakaan KM Sinar Bangun di Tigaras. 

Samosir Music Internasional, Lagu untuk Korban KM Sinar Bangun

"Persyaratan cukup Kartu Tanda Penduduk Elektronik dan surat keterangan (suket) boleh juga. Baru kami terima informasi untuk keluarga korban saja dulu," tutur Heni.

Untuk petugas SAR yang berstatus masyarakat sipil, Heni mengatakan, belum menerima instruksi untuk melakukan pendataan yang sama dari PPK dan KPU setempat. Mereka fokus untuk keluarga korban kapal motor tersebut.

"Kalau itu, kami belum dapat Informasi. Baru khusus untuk keluarga korban saja saat ini," ungkapnya.

Sementara itu, dari ratusan korban penumpang KM Sinar Bangun masih dinyatakan hilang. Tim SAR Gabungan berhasil menemukan 22 orang korban. Di antaranya, 19 korban dalam keadaan selamat dan tiga orang meninggal dunia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya