Puluhan Ribu Warga Gunung Kidul Dilanda Kekeringan

Kekeringan di Gunung Kidul.
Sumber :
  • BNPB.

VIVA – Kekeringan mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Meskipun musim kemarau baru memasuki periode awal.  

Bali Dilanda Cuaca Ekstrem, Wilayah yang Tak Diguyur Hujan Diprediksi Meluas

"Masyarakat kekurangan air bersih sehingga mengharapkan bantuan dropping air bersih," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dikutip dari keterangan resminya, Senin, 25 Juni 2018.

Diperkirakan kemarau akan berlangsung hingga Oktober mendatang sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah terkait penyediaan air bersih. Hal ini harus segera diantisipasi oleh pihak-pihak terkait. 

BMKG Prediksi Indonesia Diguyur Hujan November 2023, Bisa Berpotensi Banjir

Hingga saat ini saja di Yogyakarta, kekeringan telah mengakibatkan 32.607 kepala keluarga atau  96.523 orang di Gunung Kidul kekurangan air bersih. Pendistribusian air bersih sudah dimulai tanggal 4 juni sampai sekarang oleh BPBD setempat. 

"BPBD Gunung Kidul mendistribusikan air bersih sebanyak 5.000 liter, dengan target 3.360 tangki air bersih, dengan distribusi per harinya 24 tangki air bersih dan 6 unit armada mobil tangki dengan kapasitas 5.000 liter lengkap dengan disel pompa air, pipa dan selang," tambahnya. 

Awal Musim Hujan di NTB Diprakirakan Pertengahan November
Viral Warga Lakukan Sholat stiqsa

SubhanAllah, Viral Warga Sholat Istisqa : Langsung Dikabulkan Hujan

Belum lama ini viral video yang memperlihatkan sejumlah warga sedang melakukan sholat Istisqa atau minta hujan. Hal ini dibagikan di salah satu platform sosial media

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2023