Dijemput Langsung, Spesialnya Mahathir Muhammad Bagi Jokowi

Mahathir Mohamad dan kabinetnya
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Presiden Joko Widodo akan menjemput langsung Perdana Menteri Malaysia yang baru terpilih, Mahathir Muhammad, di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Kamis sore 28 Juni 2018.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Meski sudah berumur 92 tahun, Mahathir berhasil mengalahkan incumbent Najib Rajak pada pemilu di Malaysia. Ini adalah kunjungan pertama Mahathir ke Indonesia, setelah terpilih.

Tidak banyak kepala negara atau kepala pemerintahan yang dijemput langsung oleh Presiden Joko Widodo di bandara. Tercatat, baru Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis, yang dijemput langsung oleh mantan gubernur DKI itu di bandara. Tentu yang kedua, adalah Mahathir ini.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Perinsipnya satu, ini adalah kunjungan perkenalan, beliau sebagai PM baru dan Indonesia adalah sebuah negara ASEAN pertama yang dikunjungi oleh beliau. Bapak Presiden, nanti akan menjemput di Bandara Halim. Kedua, intinya walaupun kunjungan perkenalan, tapi beliau juga berdua akan membahas mengenai perkuatan hubungan kedua negara, baik dari sisi ekonomi, sosial budaya. Karena, Indonesia dan Malaysia negara dekat," jelas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di Istana Bogor, Kamis 28 Juni 2018.

Mahatir akan diterima secara kenegaraan, pada Jumat besok, 29 Juni 2018. Tetapi, karena tiba sore ini, Jokowi langsung menjemputnya di bandara. Akan banyak yang dibahas oleh keduanya. Mengingat, hubungan Indonesia dan Malaysia cukup dekat.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

"Negara dekat, biasanya hubungannya kuat sekali ekonomi, investasi Malaysia juga banyak. Perdagangan kita dengan Malaysia juga banyak, sangat tinggi, termasuk sosial budaya. Termasuk, masalah keberadaan WNI di Malaysia yang jumlahnya jutaan orang," jelas Retno.

Hanya seperti apa detailnya, Retno belum mau memberi penjelasan. Karena, pertemuan baru dilakukan keesokan harinya.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021