Tabur Bunga, Pencarian ‎Korban KM Sinar Bangun Akan Dihentikan

Keluarga korban tenggelamnya KM Sinar Bangun mengikuti doa lintas agama
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Tampaknya proses pencarian dan evakuasi Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara, akan dihentikan. Namun, penghentian pencarian sudah dimusyawarahkan dengan seluruh pihak keluarga korban.

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

Kepala Kantor SAR Medan, Budiawan, mengatakan, untuk musyawarah penghentian pencarian korban KM Sinar Bangun dilakukan bersama antara Basarnas dan pihak keluarga dimotori oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun.

"Kami kemarin sudah ada musyawarah antara Tim SAR Gabungan, keluarga korban, yang dimotori Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih," ucap Budiawan kepada wartawan, Senin siang, 2 Juli 2018.

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

Untuk saat ini, keberadaan korban dan diduga KM Sinar Bangun berada di kedalaman 450 meter di Perairan Danau Toba. Budiawan mengatakan, prosesi terakhir akan dilakukan tabur bunga di Danau Toba sebagai wujud keikhlasan keluarga korban untuk pencarian seluruh korban.

"Bahwa keluarga korban sejumlah 164 orang itu akan diikhlaskan," kata Budiawan.

Kapal Ikan Spanyol Tenggelam di Kanada, 10 Nelayan Meninggal 11 Hilang

Sementara itu, di hari ke-15 pencarian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan juga mengunjungi wilayah perairan Danau Toba untuk turut melakukan tabur bunga.

"Hari ini juga kami kedatangan menko Maritim, juga akan dilakukan tabur bunga di Danau Toba. Besok dilakukan tabur bunga," ungkap Budiawan.

Proses pencarian pertama dilaksanakan 18-24 Juni 2018. Perpanjangan masa pencarian pertama 25-27 Juni 2018. Kemudian, perpanjangan masa pencarian untuk kedua kalinya, 28-30 Juni 2018. Untuk perpanjangan pencarian ketiga kalinya, 1-3 Juli 2018.

Untuk saat ini, Tim SAR Gabungan baru berhasil mengevakuasi 24 orang. Sebanyak 21 orang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan tiga orang dalam keadaan meninggal dunia. Kemudian, 164 orang masih dinyatakan hilang hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya